Pendampingan maba 2018
Sumber: Dok. Panitia Pubdok REAL 2018

Psikogenesis, Sabtu (01/09)-Sebelum kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) 2018 dilaksanakan di Aula Gedung Bahasa Arab Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Jumat-Minggu (31-02/2018), mahasiswa baru (maba) 2018 Fakultas Psikologi (FPsi) UNM terlebih dahulu mengikuti masa pendampingan.

Isnawati selaku Koordinator Acara REAL 2018 mengungkapkan bahwa pendampingan ini bertujuan sebagai proses pengenalan awal terhadap dunia kampus sebelum memasuki kegiatan REAL 2018. Tidak hanya itu, ia menambahkan bahwa pendampingan dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada maba 2018 mengenai etika di dalam kampus. “Jadi pendampingan ini dilakukan karena pengalaman di tahun lalu itu, maba tidak diberikan pendampingan sehingga akhirnya banyak dosen dan kakak-kakak mengeluh tentang etikanya mereka,” ungkapnya.

Mahasiswi yang akrab disapa Isna ini menuturkan bahwa maba 2018 yang terbagi ke dalam 20 kelompok akan didampingi oleh para pendamping yang telah diberikan Term of Reference (TOR) sebagai pedoman selama proses pendampingan berlangsung. “Dalam TOR itu ada lima hal yang harus disampaikan pendamping kepada Maba 2018 seperti etika, aturan yang berlaku di kampus, kelembagaan, denah kampus, dan tiga pengaderan dasar,” lanjutnya.

Melalui pendampingan ini, maba 2018 diharapkan agar dapat menerapkan ilmu yang didapatkan ke dalam kehidupan perkuliahan. “Semua yang diajarkan itu bukan hanya ditau sama maba, karena ini materi-materi dalam pendampingan itu hanya dasar ji untuk mereka untuk berdinamika dan berkomunikasi di Psikologi (baca: Fakultas Psikologi),” tutup Isna.

Friska Dewima Palullu selaku maba 2018 yang mengikuti pendampingan menjelaskan bahwa pendampingan sangat bermanfaat untuk maba 2018 karena diajarkan banyak hal terutama tentang beretika terhadap orang yang lebih tua. "Bagus, karena kami diajarkan untuk beretika ketika berhadapan dengan orang yang lebih tua," jelasnya. (AI)

Posting Komentar