Pelaksanaan PKM Pusat Layanan Informasi ABK melalui Live Instagram 
Sumbe: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Jumat (11/12)-Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Haerani Nur dan Eka Sufartianingsih lakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dalam bentuk Pusat Layanan Informasi Anak Berkebutuhan Khusus (PLI-ABK) dengan menggandeng Forum Komunikasi Anak Spesial (FORKASI) Chapter Makassar sebagai mitra.

FORKASI merupakan salah satu komunitas orang tua ABK yang ada di Makassar. PKM ini pun kemudian dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan mitra, yakni keterbatasan pemberian informasi yang selama ini hanya dilakukan dalam bentuk klasikal, orang tua yang terkadang membutuhkan informasi bersifat individual, dan pihak FORKASI sendiri yang belum memberikan layanan secara individual.

Dalam pelaksanaannya, PKM ini dilaksanakan secara daring untuk mencegah penularan Coronavirus Disease (COVID-19). Memanfaatkan media WhatsApp, Instagram, hingga Facebook, PKM ini dilakukan dengan dua metode, yakni pemberian layanan informasi secara interaktif melalui live Instagram dan Facebook, serta pemberian layanan informasi secara individual melalui konsultasi dengan relawan profesional.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, pihak pelaksana PKM telah melakukan persiapan berupa penyusunan konsep layanan informasi, pengumpulan data PLI, perekrutan relawan profesional, hingga sosialisasi program.

Setelah melakukan serentetan kegiatan-kegiatan tersebut, pihak mitra akhirnya dapat memberikan pelayanan informasi kepada ABK dalam bentuk yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan, termasuk dalam hal konsultasi pribadi dengan relawan profesional PLI. (ZN)



Posting Komentar