Kegiatan GenViber GenBI Unhas dengan tema “Towards A New Era with Renewable Energi” di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo 1 Jeneponto, pada Senin (30/11) lalu.
Sumber: Dok. GenBI

Perubahan iklim merupakan masalah yang sangat serius saat ini karena memiliki dampak sangat luas bagi kehidupan masyarakat. Perubahan iklim tidak hanya akan berdampak pada meningkatnya suhu di permukaan bumi tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir. 

Sejak tahun 2003, Indonesia berubah status dari negara pengekspor atau eksportir minyak dunia, menjadi negara importir minyak. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan Indonesia akan bahan bakar minyak sangatlah besar hingga tidak mampu lagi dipenuhi dari sumber sendiri. Pengunaan bahan bakar minyak atau bahan bakar fosil sendiri akan menghasilkan efek gas rumah kaca yang menjadi salah-satu faktor utama perubahan iklim bumi. 

Energi terbarukan merupakan energi yang dihasilkan dari proses alami sehingga energi ini tidak dapat habis dan akan terus menerus diperbaharui. Potensi energi terbarukan di Indonesia seperti angin, air, matahari dan panas bumi sangat melimpah. Namun, pemenuhan 92% energi Indonesia masih disuplai oleh energi fosil, sedangkan energi terbaharukan hanya menyumbang 8%. Indonesia sendiri menargetkan penggunaan energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025 seperti yang tertuang dalam Paris Agreement. 

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) merupakan salah satu jenis pembangkit listrik terbarukan yang sangat ramah lingkungan dan memiliki efisiensi kerja yang baik. Perkembangan energi terbarukan yang ramah lingkugan di Indonesia masih belum optimal, sehingga semua pihak baik itu pemerintah, masyarakat hingga akademisi harus mampu bekerjasama  dan berkontribusi dalam kebijakan energi hijau nasional.

Melihat hal tersebut, kami dari Divisi Lingkungan Hidup Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan GenViber (GenBI Visit on Renewable Energy) dengan tema “Towards A New Era with Renewable Energi” di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo 1 Jeneponto, pada Senin (30/11) lalu. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada fakta bahwa di Kabupaten Jeneponto tidak hanya terdapat penggunaan energi terbarukan di PLTB Jeneponto tetapi juga terdapat PLTU Jeneponto yang masih menggunaan energi fosil (batubara). Sehingga dampak terhadap lingkunan, sosial maupun ekonomi dari kedua pembangkit listrik tersebut dapat lebih jelas untuk diperbandingkan. Kegiatan ini juga akan dirangkaikan dengan publikasi karya tulis tentang energi terbarukan sebagai usaha untuk membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya melakukan peralihan penggunaan energi menuju energi terbarukan serta memberi pemahaman tentang dampak distruktif jangka panjang yang diakibatkan oleh penggunaan energi fosil secara terus-menerus. 

find us on:

email: genbi.unhas@gmail.com

instagram: genbiunhas

youtube: Genbi Unhas

GENBI, ENERGI UNTUK NEGERI!!!

Posting Komentar