Pamflet Gen-Funtastic GenBi Komisariat Unhas.
Sumber: Dok. GenBI Komisariat Unhas.

Meskipun dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dikatakan menurunkan polusi udara karena kurangnya penggunaan kendaraan bermotor, karantina di rumah juga tetap dapat mencemari lingkungan. Sebab, konsumsi logistik kita semakin meningkat, yang mana mayoritas penggunaan bungkusan makanan dan minuman adalah berbahan plastik. Menyadari akan hal ini, GenBi Komisariat Unhas mengadakan “Gen-Funtastic” dengan kepanjangan GenBI Fun with Less Plastic untuk mengajak dan menantang masyarakat untuk mengurangi plastik dengan cara yang simple dan efektif.

Kegiatan ini memanfaatkan platform sosial media Instagram dalam menyebarkan aksi ajakannya, yang berlangsung selama satu bulan, dari tanggal 20 November hingga 20 Desember 2020. Peserta dapat langsung berpartisipasi dengan menggunakan tagar #genfuntastic, #funwithlessplastic dan #genbiunhas.

Sejauh ini, sudah ada puluhan peserta yang dengan antusias memposting foto aksinya dalam mengurangi penggunaan plastik. Nantinya, 5 peserta beruntung dengan caption yang menarik akan mendapatkan hadiah Reusable Tools Package yang berisi seperangkat alat-alat dan/atau bahan-bahan konsumsi ramah lingkungan berkualitas tinggi dari Zero Waste Indonesia. Hingga saat ini, pendaftaran masih terbuka untuk peserta yang ingin berpartisipasi.

Posting Komentar