Sosialisasi Penanggulangan Bencana Pesisir COASTAL 2021.
Sumber: Dok. HMTK

COASTAL (Clean Our Ocean and Save Enviromental) 2021 merupakan salah satu kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan (HMTK),  yang berfokus padapenanaman bibit mangrove di daerah pesisir pantai, sosialisasi tentang pentingnya tanaman Bakau di wilayah pesisir pantai, dan kegiatan aksi bersih daerah pesisir.

COASTAL juga merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan dalam rangka meningkatkan bobot Pendidikan serta mendapatkan nilai tambah bagi para mahasiswa.

Kegiatan COASTAL 2021 dengan tema "Saving the Future with Mangrove Plants in Pokko Area" ini telah dilaksanakan pada Senin (25/01) kemarin di Pesisir Pokko Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Kegiatan ini mendatangkan Syahrul Mubarakh sebagai Koordinator Divisi Bidang Keilmuan HMTK FT-UH sebagai pembicara. 

Adapun latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah masalah kurangnya pengetahuan masyarakat pulau terhadap pentingnya tanaman mangrove di daerah pesisir, khususnya pada wilayah pulau-pulau kecil. Hal ini merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dan perlu ditinjau lebih dalam. Dari permasalahan yang ada maka diperlukannya suatu solusi dalam membantu penyuluhan dan penanaman mangrove untuk wilayah pesisir pantai Pokko. 

Selain itu, diadakan pula kegiatan ABRASI (Aksi Bersih daerah Pesisir) demi terciptanya lingkungan yang bersih dan masyarakat yang sehat, yaitu dengan melaksanakan kegiatan COASTAL 2021, dimana kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan yang ada serta dapat memberikan dampak positif dalam menambah pengetahuan masyarakat pesisir.

Kegiatan Coastal memiliki tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Mahasiswa dan Civitas Akademik Teknik Kelautan FT-UH terhadap masyarakat agar nantinya terjalin silaturahmi dan pengembangan pengetahuan kepada masyarakat serta mendapatkan pengalaman bagi mahasiswa dalam lingkup pengabdiannya kepada masyarakat.

Posting Komentar