Malam Ramah Tamah Wisuda periode Desember TA. 2017/2018
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (28/10)-Wisuda periode pertama yang mematok 1000 calon wisudawan dari setiap fakultas di Universitas Negeri Makassar (UNM), tercatat hanya 14 Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mendaftarkan dirinya sebagai calon wisudawan.

Muh. Nur Hidayat Nurdin selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM mengungkapkan bahwa segi angka yang minim menggambarkan kondisi nyata saat ini. “Kalau dari segi angka memang minim, tapi ya begini kondisinya sekarang tapi yang jelas sampai kemarin sudah 20 mahasiswa yang selesai ujian skripsi setelah wisuda periode terakhir,” jelasnya.

Lebih lanjut, dosen yang akrab disapa Dayat ini juga menjelaskan bahwa sedikitnya pendaftar wisudawan yang tercatat sekarang disebabkan karena beberapa hal, salah satunya yaitu beberapa mahasiswa yang masih dalam proses perbaikan skripsi. “Biasanya kita kasih tenggang waktu dua bulan untuk proses revisi, revisi belum selesai berarti satu syarat untuk wisuda tidak terpenuhi, ya jadi harus selesaikan revisi,” ungkapnya.

Selain itu, Dayat juga menambahkan alasan lain yang menjadi kendala bagi mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi, yaitu belum lengkapnya tanda tangan dosen penguji pada lembar pengesahan serta mahasiswa yang masih sementara menyebarkan skripsinya. "Ada mahasiwa yang belum ketemu dosen-dosen yang harus bertanda tangan di lembar pengesahan, dan ada juga yang masih sementara menyebar naskah skripsi,” tambahnya.

Muliana, selaku mahasiswa Psikologi angakatan 2013 yang juga merupakan salah satu calon wisudawan, memandang minimnya pendaftaran wisuda ini dikarenakan perbedaan proses penyelesaian studi dari mahasiswa. “Saya secara pribadi, kurang srek dengan krisis wisudawan, karena setiap fakultas itu beda-beda proses penyelesaian studinya orang,” tuturnya. 

Mahasiswa FPsi UNM yang telah mendaftarkan diri sebagai calon wisudawan diantaranya terdiri dari 6 mahasiswa angkatan 2011, 1 mahasiswa angkatan 2012, 4 mahasiswa angkatan 2013 dan 3 mahasiswa angkatan 2014.  (SATU)

Posting Komentar