Workshop PKM 5 di Ruang BM 101 FPsi UNM (24/09/2016)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (19/10)-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mewadahi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang dan PKM 2 bidang yang berlaku bagi semua mahasiswa psikologi UNM.

PKM sendiri merupakan sebuah wadah atau ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan potensi yang dimiliki dalam mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Adapun PKM 5 Bidang yang dimaksud ialah PKM-P (Penelitian), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-T (Penerapam Teknologi). Selain itu ada juga PKM 2 Bidang diantaranya adalah PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (Gagasan Tertulis).

Ahmad Razak selaku Pembantu Dekan (PD) III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM mengungkapkan bahwa fakultas telah melakukan sosialisasi dari kelas ke kelas serta mengumpulkan semua penerima beasiswa dan mahasiswa berprestasi untuk mendengar sosialisasi PKM tersebut. "Sosialisasi ini sudah dilakukan baik melalui kelas-kelas maupun diundang khusus semua mahasiswa penerima bidikmisi agar semua turut aktif untuk meramaikan PKM ini," ungkapnya.

PD III tersebut juga menambahkan bahwa sementara ini, tim pendamping yang sudah dibentuk, menerima judul serta proposal yang akan diajukan nantinya ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Proposal yang masuk ke tim pendamping juga akan melalui proses seleksi yang panjang hingga PKM yang diajukan mahasiswa yang bersangkutan bisa dikatakan layak dan bisa ditindaklanjuti. "Setelah sosialisasi, tim pendamping sedang berada di tahap menerima judul serta proposal yang akan masuk dari situ akan diseleksi mana yang layak yang bisa ditindak lanjuti," jelasnya.

Dosen pengampu mata kuliah filsafat ini berharap bahwa mahasiswa-mahasiswa FPsi UNM turut aktif dan berlomba-lomba dalam meraih prestasi. "Kalau mahasiswa berprestasi, kita (baca: pihak fakultas) juga bangga dan bahagia," ujarnya.

Adapun batas pengumpulan judul PKM yang akan diajukan pada Sabtu (27/10) dan dikumpulkan langsung ke Dadang Mas Bakar. (SS)

Posting Komentar