Kegiatan Psikoedukasi Motivasi Belajar oleh Kelompok Kampus Mengajar di SMP 1 Tiworo Selatan.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok Kampus Mengajar angkatan 6 penempatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Tiworo Selatan melakukan Psikoedukasi yang bertemakan "Goals Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa" di SMP 1 Tiworo Selatan pada Senin (22/11) lalu. 

Kelompok ini beranggotakan Waal Syiath Muawiah, Siti Sulistiawati R., Umi Nurfadilah, dan Ayu Milawati.

Siti Sulistiawati R. selaku Ketua Kelompok menjelaskan tujuan dari dilaksanakannya Psikoedukasi ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP 1 Tiworo Selatan.

"Karena saat kami melakukan observasi, siswa di sini masih kurang motivasi belajarnya, jadi cara kami adalah dengan mengadakan Psikoedukasi ini dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa," jelasnya.

Kemudian, mahasiswa dengan sapaan Sulis ini juga mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran kegiatan yang dilaksanakan.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, siswa-siswi di sini juga mengikuti kegiatan Psikoedukasi dengan tenang dan mengikuti semua arahan yang kami berikan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sulis menyebutkan bahwa dalam kegiatan Psikoedukasi tersebut selain melibatkan mahasiswa, juga turut melibatkan siswa kelas delapan SMP 1 Tiworo Selatan.

"Kami melibatkan siswa kelas VIII, karena yang jadi sasaran utama kami di sini adalah kelas VIII," sebutnya.

Selain itu, Anita Adni selaku Guru Pamong juga mengapresiasi Psikoedukasi tersebut dan berharap dengan selesainya kegiatan dapat membantu siswa dalam meningkatkankan motivasi belajarnya di dalam kelas.

"Saya dan rekan-rekan guru lain begitu mengapresiasi kegiatan dari adik-adik mahasiswa ini, karena motivasi belajar siswa di sini begitu rendah, harapannya setelah ini siswa dapat mengalami kemajuan dalam belajarnya," jelasnya.

Sebagai penutup, Sulis mewakili rekan tim penugasan Kampus Mengajar di SMP 1 Tiworo Selatan mengungkapkan harapannya agar Psikoedukasi yang telah dilakukan dapat berdampak baik pada motivasi belajar siswa dalam kelas.

"Harapannya semoga materi dari Psikoedukasi ini dapat diterima baik oleh siswa dan dapat diaplikasikan di lingkungan sekolah," harapnya.

Posting Komentar