Kegiatan Psikoedukasi oleh Kelompok KKP FPsi UNM di SMA Kartika XX-I Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Psikoedukasi di Ruang Kelas X Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 4 Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika XX-I Makassar pada (30/11) lalu. 

Kegiatan Psikoedukasi ini membahas mengenai kesadaran moral dalam menyikapi kenakalan remaja melalui kedisiplinan yang kuat. Psikoedukasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa kelas X SMA Kartika XX-I Makassar mengenai kenakalan remaja. Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini kenakalan remaja menjadi bahan perbincangan hangat di masyarakat, karena semakin maraknya remaja yang melakukan perilaku menyimpang dan melanggar hukum sehingga dapat meresahkan masyarakat dan hal ini dilakukan oleh mereka yang gagal dalam mengembangkan emosi jiwanya, mereka tidak bisa menahan diri terhadap hal baru yang masuk ke dalam dirinya yang menimbulkan sikap yang tidak seharusnya dilakukan.

Kegiatan Psikoedukasi ini dimulai pukul 08.55 - 10.06 WITA, didahului dengan memberikan pre-test kepada siswa untuk mengetahui pemahaman mereka terkait kenakalan remaja. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipaparkan oleh Abiyyu Arib Mahyiyuddin R S.Psi. Kegiatan Psikoedukasi ini dihadiri oleh 35 orang siswa kelas X SMA Kartika XX-I Makassar. Kegiatan Psikoedukasi ini berjalan dengan baik diikuti oleh antusias siswa yang dibuktikan dengan keaktifan mereka ketika sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung.

Banyak dari peserta Psikoedukasi yang mengajukan pertanyaan terkait kenakalan remaja, bagaimana penanganan, jenis, penyebab kenakalan remaja dan lainnya. Selain sesi diskusi, pada kegiatan Psikoedukasi ini terdapat sesi yang menarik yaitu Sharing Session. Pada sesi ini siswa diminta untuk menceritakan bagaimana perasaan mereka saat mengalami atau melakukan atau melihat kenakalan remaja.

Pada sesi Sharing Session ini peserta menceritakan berbagai pengalaman yang mereka alami maupun yang mereka lihat, sesi ini terlihat sangat hidup dengan diiringi oleh banyaknya pikiran dan pendapat yang menarik dari semua siswa yang hadir pada kegiatan Psikoedukasi ini. Banyak dari peserta yang bertukar pendapat dan pikiran mengenai pembahasan tentang kenakalan remaja bahkan pemateri pun ikut terlibat dalam sesi Sharing Session ini untuk ikut serta mengeluarkan pendapat dan bercerita mengenai pengalaman seperti siswa yang hadir pada kegiatan ini. 

Setelah dilakukannya Sharing Session yang sangat menguras tenaga untuk bercerita, selanjutnya diisi oleh pemberian post-test kepada peserta. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta menangkap materi yang telah dijelaskan dan di diskusikan bersama. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan atas berlangsungnya kegiatan Psikoedukasi yang tentu saja bermanfaat dan memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman kepada siswa mengenai kenakalan remaja yang berseliweran di media online dan portal berita lainnya. 

Selain itu, sebelum kegiatan Psikoedukasi ini benar-benar berakhir. Penyelenggara Psikoedukasi memberikan hadiah kepada siswa sebagai salah satu bentuk apresiasi atas antusias dan keaktifan serta semangat para siswa kelas X SMA Kartika XX-I Makassar yang meluangkan waktu untuk menghadiri kegiatan ini sehingga kegiatan Psikoedukasi dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Posting Komentar