Foto Bersama pada Hari Batik Nasional oleh Tim KM6 Gelar Festival di SDN Pannara.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Kampus Mengajar Angkatan VI, di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) Sekolah Dasar (SD) Negeri Pannara telah melaksanakan salah satu program kegiatan kerja yaitu Festival Hari Batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada bulan Oktober 2023 lalu. 

Kegiatan ini berlangsung di lapangan UPT SPF SD Negeri Pannara yang mengusung tema "Cinta Budaya, Generasi Mudah Berkarya". 

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan Nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi pada (02/10/2009) lalu oleh UNESCO. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah yaitu Rahdan Rahman dan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Wardah, guru-guru SD Negeri Pannara, beberapa orang tua siswa dan tentunya para siswa-siswi. 

Pada agenda Fashion Show, Peserta akan naik secara berpasangan untuk menampilkan perpaduan batik yang mereka gunakan. Sementara, untuk agenda Lomba Puisi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan siswi.

Tim Kampus Mengajar Angkatan VI berharap agar masyarakat sekolah terutama pada siswa-siswi dapat mengetahui bahwa batik merupakan salah satu warisan nenek moyang yang sepatutnya kita rawat sebaik mungkin dan juga meningkatkan kesadaran bahwa batik itu merupakan salah satu kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Posting Komentar