Pamflet Open Recruitment Psynstitution Batch 5 Gelombang 2.
Sumber: Dok. Psynstitution

Psikogenesis, Kamis (04/01) – Komunitas Psynstitution Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Open Recruitment Psynstitution Batch 5 Gelombang 2 pada Senin-Sabtu (01-06/01) mendatang.

Andi Arif Abdillah selaku Principal atau Ketua Umum (Ketum) Psynstitution menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya Open Recruitment Psynstitution Batch 5 adalah untuk mengidentifikasi dan mengajak mahasiswa Psikologi UNM yang berbakat dan ingin ikut serta aktif dalam meningkatkan kualitas komunitas serta mendukung peningkatan skill dan prestasinya.

"Jadi tujuan dilakukannya Open Recruitment Psynstitution Batch 5 ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengajak individu berbakat dan berkomitmen di kalangan mahasiswa Psikologi UNM yang ingin ikut serta aktif dalam meningkatkan kualitas komunitas serta mendukung peningkatan skill dan prestasi mereka," jelasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Arif ini memaparkan bahwa Open Recruitment Psynstitution Batch 5 masih sementara berjalan yang saat ini membuka pendaftaran gelombang kedua.

"Open Recruitment Batch 5 saat ini sementara berjalan. Sejak (25-30/12/2023) kami telah membuka pendaftaran untuk gelombang pertama. Nah, mengawali tahun 2024, kemarin (1-6/01) kami kembali membuka pendaftaran gelombang kedua," paparnya. 

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya Open Recruitment Psynstitution Batch 5 Gelombang 2 adalah agar mahasiswa yang tidak sempat mendaftar pada Gelombang 1 memiliki kesempatan untuk mendaftar pada Gelombang 2. 

"Tujuannya (Baca: Open Recruitment Psynstitution Batch 5 Gelombang 2) adalah agar teman-teman mahasiswa yang belum atau berhalangan mendaftar di gelombang pertama, dapat berkesempatan mendaftarkan dirinya di gelombang kedua ini," jelasnya.

Selanjutnya, Arif mengungkapkan bahwa syarat pendaftar Psynstitution Batch 5 ialah mahasiswa/(i) aktif FPsi UNM dan dibarengi dengan motivasi untuk mengembangkan skill mereka dan beberapa syarat administrasi lainnya seperti resume kreatif dari para pendaftar.

"Kemudian syarat administrasi yang perlu dipenuhi yaitu kami meminta untuk para pendaftar membuat resume kreatif. Resume kreatif ini mencakup biodata, pengalaman organisasi atau pengalaman kerja jika ada, prestasi yang pernah diraih, skill yang dimiliki, dan menguraikan motivasi atau alasan mereka ingin bergabung di komunitas Psynstitution," ungkap Arif.

Arif kemudian menjabarkan tentang alur Recruitment Psynstitution Batch 5 dimulai dari pendaftaran yang dilanjutkan dengan melakukan screening untuk berkas-berkas dalam seleksi administrasi dari form yang telah diisi. Setelah itu, akan diumumkan pendaftar yang lolos seleksi administrasi dan dilanjutkan dengan tahap interview sebagai penentu. 

"Pendaftar yang lolos tahap pertama (baca: seleksi administrasi) akan mengikuti seleksi interview, dan ini menjadi tahap penentu apakah mereka lolos untuk menjadi bagian dari keluarga besar Psynstitution," jabarnya.

Arif juga menyampaikan bahwa Open Recruitment Psynstitution Batch 5 memiliki perbedaan pada Open Recruitment sebelumnya dari segi persyaratan administrasi yaitu adanya resume kreatif.

"Yang membedakan (baca: Open Recruitment Batch 5) adalah pada syarat administrasi yang perlu dilengkapi, dimana resume kreatif itu tadi yang menjadi pembeda. Kami harap dengan sedikit melakukan perubahan, maka sedari awal pendaftaran kami betul-betul sudah melakukan screening, dan melihat pendaftar yang sangat antusias dan yakin untuk mendaftar," jelasnya.

Arif juga menambahkan bahwa seleksi administrasi akan diperketat untuk menyaring pendaftar yang benar-benar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas komunitas dengan mengasah skill dan prestasi.

"Kami tidak menginginkan Open Recruitment ini hanya sekadar coba-coba dan ujung-ujungnya cuman numpang nama dalam komunitas. Kami mau mereka yang lolos adalah mereka yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas komunitas dengan mengasah skill dan prestasi mereka. Oleh karena itu, seleksi administrasi itu akan kami perketat penyeleksiannya," tambahnya.

Terakhir, Arif berharap agar Open Recruitment Psynstitution ini bisa menjadi wadah mahasiswa psikologi untuk berkontribusi dalam meningkatkan atmosfer belajar dan kolaboratif di Psynstitution.

"Harapan saya, Open Recruitment ini menjadi wadah untuk menarik mahasiswa Psikologi UNM yang bersemangat dan berkomitmen, untuk aktif berkontribusi dalam meningkatkan atmosfer belajar dan kolaboratif di Psynstitution. Hal ini tentunya mendukung tujuan Psynstitution dalam peningkatan skill dan prestasi mahasiswa Psikologi UNM," tutupnya. (MU)

Posting Komentar