Foto Bersama Mahasiswa BKP FPsi UNM di PT. ALC Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) dari Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Karunia Puspa Dewi dan Farah Amalina Dzakiyyah telah berhasil menyelesaikan program BKP Magang di Perseroan Terbatas (PT) Auto Claved Lightweight Concrete (ALC) Makassar. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dunia industri dan mengembangkan keterampilan serta keahlian yang mereka miliki.

BKP Magang yang berlangsung selama empat bulan pada (01/09-05/01) di PT ALC Makassar ini merupakan suatu peluang bagi mahasiswa untuk terlibat langsung di dunia kerja. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing lapangan (DPL) Muh. Rajan Piara, S.Psi., M.Sc., mahasiswa tidak hanya memperoleh pengalaman praktis tetapi juga melakukan kontribusi signifikan terhadap perusahaan, terutama di Divisi Human Resources and General Affairs (HRGA) yang melibatkan interaksi langsung dengan karyawan.

Muh. Algazali Salman yang merupakan salah satu karyawan divisi HRGA mengungkapkan bahwa ia merasa terbantu dengan adanya mahasiswa FPsi UNM yang melaksanakan BKP pada divisinya, bahkan telah menganggap mereka sebagai karyawan.

“Saya sebagai orang yang tiap hari komunikasi dengan mereka dan sebagai orang yang merasakan pengaruh dari kehadiran adik-adik ini merasa terbantu. Bahkan kadang saya yang sudah jadi karyawan di sini masih banyak ketidaktahuan saya yang adik-adik bisa backup dan bahkan memberikan saya pengetahuan baru. Kalau bisa dibilang mereka ini sudah bukan anak magang lagi sih ya, tapi sudah seperti karyawan bagi kita, karena betul-betul mereka ini bekerja. Definisi magang yang mereka kerjakan selama 4 bulan ini bukan hanya pekerjaan sisaan yang dikerjaan, tapi mereka bahkan mem-backup Jobdesc Manager HRGA,” ungkapnya.

Pentingnya peran mahasiswa magang terlihat dari kontribusi positif mereka yang sangat diakui oleh perusahaan. Divisi HRGA mengapresiasi semangat belajar dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Karunia Puspa Dewi dan Farah Amalina Dzakiyyah selama masa magang mereka. Kehadiran mahasiswa magang membantu perusahaan dalam berbagai aspek, dan harapannya adalah bahwa pengalaman ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi PT ALC Makassar.

Alifandi Hidayat, karyawan baru di divisi HRGA mengungkapkan bahwa mahasiswa BKP telah mengajarinya terkait pekerjaan yang harus dilakukan mulai dari nol, dan bahkan telah menganggap mereka sebagai mentornya.

“Kalau mereka tidak ada, jujur saya tidak tahu harus lakukan apa di sini. Soalnya betul-betul saya diajar dari nol oleh mereka tentang semua pekerjaan yang ada di HRGA. Jadi bisa dibilang mereka bahkan yang jadi mentor saya,” ucapnya.

Selain berpartisipasi aktif dalam operasional perusahaan, mahasiswa juga melakukan kegiatan riset selama BKP Magang mereka. Dengan judul "Pengaruh Deprivasi Relatif Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan PT ALC Makassar." Penelitian ini mereka lakukan untuk menyelidiki dinamika psikologis di lingkungan kerja. Harapannya, hasil riset ini dapat memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dan juga berkontribusi pada pengetahuan di bidang psikologi organisasi.

Kesuksesan Karunia Puspa Dewi dan Farah Amalina Dzakiyyah dalam menyelesaikan program BKP Magang tidak hanya mencerminkan prestasi pribadi mereka tetapi juga menunjukkan efektivitas program Kampus Merdeka dalam membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk tantangan dunia kerja yang sebenarnya. Program ini terus memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lulusan yang siap bersaing dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia industri.

Posting Komentar