Staf Pendidikan dan Kebudayaan BEM UNM Kabinet Ibu Pertiwi.
Sumber: Dok. Pribadi

Pendidikan Dasar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah terlaksana pada (3-5/11) lalu di Pucak Teaching Farm, Maros. Namun hingga saat ini tidak terlaksana forum Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). Ironi melihat kondisi lembaga eksekutif tertinggi tingkat fakultas yang seharusnya menjadi patron bagi lembaga-lembaga lainnya. 

Psychology Leadership Training (PLT) 2023 sebagai pendidikan dasar menjadi wadah penanaman nilai-nilai pendidikan dan budaya di Psikologi UNM. BEM seharusnya memberikan ruang kepada masyarakat Kema yang mempertanyakan terkait kegiatan pendidikan dasar, mendengar, menilai, mengevaluasi, menyanggah, dan memberikan saran. Terlebih lagi mengingat adanya berbagai permasalahan pada panitia pelaksana seharusnya ada ruang bagi masyarakat terkhusus Kema untuk mempersoalkan sekaligus mengklarifikasi segala hal yang dinilai tidak sesuai.

BEM seharusnya melihat forum LPJ sebagai forum yang krusial terlebih lagi kegiatan PLT ini merupakan kegiatan penanaman nilai-nilai pendidikan dasar bagi mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang belum melulusi pendidikan dasar.

Belum lagi forum LPJ telah diatur dalam Peraturan Eksekutif (PE) yang seyogyanya harus dijalankan oleh BEM dan Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM). Mengacu pada PE Kepanitaan, panitia pelaksana di bawah tanggung jawab BEM/Lembaga yang mengeluarkan Surat Keputusan Susunan Kepanitiaan selambat-lambatnya melaksanakan forum Laporan Pertanggungjawaban dua pekan setelah rangkaian pelaksanaan kegiatan berakhir. Bukan hanya PLT saja, kegiatan lain seperti OCEAN misalnya, yang merupakan program kerja skala nasional dari BEM yang telah selesai dilaksanakan pada (18/11) lalu juga sampai saat ini belum melaksanakan forum LPJ.

Forum LPJ bukan hanya sekadar forum formalitas saja untuk melaporkan pasca kegiatan, namun juga melihat sejauh mana keberhasilan dan efektifitas kegiatan, evaluasi dan rekomendasi perbaikan-perbaikan kegiatan-kegiatan berikutnya.

Farhan

Staf Pendidikan dan Kebudayaan BEM UNM Kabinet Ibu Pertiwi

Posting Komentar