Pelatihan Pembuatan Permainan Edukatif Kepada Orang Tua dalam Menstimulasi Anak oleh LP2M UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (08/01) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengadakan Pelatihan Pembuatan Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Perkembangan Bicara pada Anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Manggala pada Jumat (11/08) tahun lalu.

Dian Novita Siswanti selaku tim pelaksana mengungkapkan tujuan dari pengabdian ini agar orang tua dapat memberikan stimulasi yang tepat bagi anaknya di usia golden age.

“Jadi, tujuan pengabdian ini itu agar orang tua dapat memberikan stimulasi yang tepat bagi anaknya yang masih berada pada tahap golden age. Stimulasi pada dasarnya dapat diberikan melalui permainan edukatif yang dapat dibuat oleh orang tua secara sederhana di rumah. Salah satu manfaatnya dapat mendukung perkembangan bicara pada anak usia dini,” ujarnya.

Psikolog yang akrab disapa Dian itu menyatakan bahwa ada dua narasumber yang diundang dalam pengabdian ini.

“Narasumber pada kegiatan ini adalah saya sendiri Dr. Dian Novita Siswanti, S.Psi., M.Si., M.Psi, Psikolog dan Novita Maulidya Jalal, Psikolog,” ucapnya.

Dian juga mengaku bahwa pengabdian ini diikuti oleh orang tua siswa-siswi di PAUD Manggala serta pengabdian ini juga memiliki tim pelaksana yang terdiri atas dua orang.

“Tim Pelaksana Pengabdian ini terdiri atas dua orang dosen Fakultas Psikologi UNM yakni saya sendiri Dr. Dian Novita Siswanti, Psikolog dan Bapak Dr. Muh Daud, M.Si. Kegiatan ini juga diikuti oleh orang tua siswa-siswi di PAUD Manggala,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Dian mengungkapkan reaksi peserta selama mengikuti kegiatan pengabdian ini dan berharap semoga kegiatan pengabdian ini dapat terus berlanjut.

“Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan ini, dan menyempatkan berkonsultasi dalam proses diskusi. Harapannya, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut,” tutupnya. (LAZ)

Posting Komentar