Kegiatan Walk in Interview oleh Tim BKP FPsi UNM di PT. Catur Putraharmonis.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Departemen Human Capital dan General Admin untuk melakukan kegiatan Walk in Interview Rekrutmen dalam beberapa posisi di Head Office PT. Catur Putraharmonis pada Kamis (05/09) dan Kamis (29/11) yang lalu. 

Kelompok BKP PT. Catur Putraharmonis ini beranggotakan 2 orang yaitu Nur Fadhilah dan Fathiya Fazila Anwar. Peserta kegiatan ini terdiri dari mahasiswa yang sedang melaksanakan magang di PT. Catur Putraharmonis.

Proses kegiatan ini diawali dengan mempelajari bagaimana proses Walk In Interview yang baik yang disampaikan oleh HRD dan mempelajari dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, maupun artikel. 

Kegiatan ini bertujuan untuk proses pembelajaran pada mahasiswa agar memperoleh pengalaman bekerja, mengembangkan kemampuan teknis dan kemampuan sosial (soft skill) seperti beradaptasi, melatih komunikasi, dan kerja sama tim. Dengan kegiatan ini, mahasiswa mengetahui salah satu tahapan dalam proses Rekrutmen.

Kegiatan ini telah dilakukan sebanyak dua kali yang dihadiri oleh kurang lebih 100 pelamar tiap kegiatan. Kegiatan Walk In Interview dibagi menjadi beberapa sesi, dimana tiap sesi ada sebanyak kurang lebih 16 orang. Kegiatan dimulai dengan pemberian arahan kepada pelamar bagaimana proses Walk In Interview kedepannya hingga proses wawancara.

Fathiya selaku anggota tim BKP mengungkapkan perasaannya dan manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, yang awalnya saya hanya mendengarkan apa itu Walk In Interview dan belum tahu bagaimana prosesnya. Setelah mengikuti kegiatan disini, saya menjadi tahu bagaimana prosesnya dari awal hingga akhir. Saya pribadi sangat merasakan bagaimana proses Walk In Interview utamanya di Perusahaan, saya melihat secara langsung dan ikut serta dalam kegiatan ini. Dengan ini, saya bisa mengembangkan keterampilan saya kedepannya khususnya dalam dunia kerja,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Fathiya menyampaikan harapannya untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan Walk In Interview pada dunia kerja ke depannya. 

“Harapan saya, semoga ilmu yang diajarkan dan yang saya dapatkan disini bisa menjadi bekal saya untuk ke depannya dan juga pengalaman kerja utamanya pada bidang Rekrutmen bisa memperluas wawasan saya di dunia kerja, jadi ke depannya saya bisa lebih mengaplikasikannya lebih nyata dengan kompetensi maupun keterampilan yang saya dapatkan disini,” tutupnya.

Posting Komentar