Tim yang lolos PKM FPsi UNM
Sumber: Dok. LPM Peikogenesis

Psikogenesis, Selasa (17/04)-Dari 50 tim mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mendaftar, hanya 1 tim berhasil lolos pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Alheysha Azalia Ihsan atau akrab disapa Ale ini mengaku bahwa idenya bermula ketika orang tua nya sakit kemudian yang membantunya dalam penyembuhan adalah seorang penyandang tunanetra. 

Tim yang beranggotakan Andi Indira Aulia Muthmainna FPsi (2017), Nurul Rizky Ramadhani FPsi (2016), Nur Ikhwana dari FMIPA (2017) serta Rica Cahyani dari FT (2017). Ale mengusung ide PKM yaitu outlet komunitas tunanetra dengan tujuan untuk mengembangkan kesadaran produktivitas pada masyarakat tunanetra di Makassar atau disingkat menjadi kedai lentera.

Menjadi yang satu-satunya lolos dari FPsi dan akan didanai, Ale mengungkapkan bahwa mereka tidak menyangka bisa lolos hingga tahap nasional, mengingat pengalaman dan bekal tentang PKM yang ia rasa masih minim. “Nda nyangka kak, karena kan kita pemula. Baru pertama bikin beginian, dan nda tau terlalu banyak pi juga bekal soal PKM karena cuma dari tingkat sekolah-sekolah saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut perempuan asal Makassar ini akan melakukan persiapan serta monitoring dari pembimbing PKM, sebelum akhirnya pengabdian dilaksanakan. Mewakili suara dari tim, Ale juga turut mengungkapkan semoga tim PKM-M dapat membawa nama FPsi dalam kejuaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun ini. “Semoga bentuk pengabdian kami dapat dimanfaatkan oleh sasaran kami, yakni masyarakat tunanetra itu sendiri, bahkan untuk orang-orang lain diluar sana,” tambahnya. (TEN)

Posting Komentar