Foto bersama pengurus Enigma dan pendiirnya.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Minggu  (01/04)-Eskalasi Intensif Tumbuh Kembang Remaja dan Anak (Enigma), komunitas baru yang didirikan oleh Novita Maulidya Djalal, Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM). Pelantikan pengurus Enigma sendiri sukses dilaksanakan di Sekolah Cendekia Berseri pada Sabtu (31/03). 

Pengurus berasal dari mahasiswa(i) semester akhir FPsi UNM dan mahasiswa(i) dari fakultas lainnya di UNM. Wanita yang akrab disapa Novi ini menjelaskan bahwa komunitas tersebut didirikan untuk mengedukasi guru atau sekolah serta orang tua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan remaja. Ia berharap dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi pada anak dan remaja dengan tindakan yang bersifat preventif dan intervensi. “Disini bukan berfokus pada anak dan remajanya saja tapi semua ruang lingkup yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang  anak dan remaja misalnya orangtua jadi bisa masuk parenting, edukasi guru atau pihak sekolah,” jelasnya. 

Ibu satu anak ini menambahkan bahwa alasan komunitas ini diberi nama Enigma yaitu berdasarkan musyawarah dari anggota dimana kata Enigma sendiri berarti teka-teki seperti permasalahan yang berusaha untuk diselesaikan. "Ada satu vocab secara mufakat yang disepakati yaitu enigma, jadi diartikan secara filososfis itu kalau tidak salah bingung artinya seperti teka teki yang berusaha kami jawab atau selesaikan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Novi berharap agar pihak lain seperti yang berfokus pada bidang kedokteran dan ilmu hukum bisa menjadi volunteer di kegiatan yang akan dilaksanakannya, karena programnya yang multi disiplin seperti senam lansia yang membutuhkan bantuan medis sehingga dapat saling berbagi inisiatif. “Kami mau adakan senam lansia, kami butuh medis, jadi kami butuh dokter mungkin dari jurusan lain atau kelimuan lain yang mau berbagi,” serunya.

Laela Sabrianti selaku Ketua dari Komunitas Enigma berencana akan segera membahas dan membuat kegiatan di Hari Kartini nanti dan lebih banyak bersosialisasi ke masyarakat sekaligus memperkenalkan komunitas yang baru launching ini. “Kan founder dari komunitas Enigma sendiri sudah mengatakan akan menggarap event Kartini days dan itu yang akan dibicarakan kepada kami lagi dan bersosialisai ke masyarakat lagi yang bersifat pelatihan dan workshop,” tambahnya. (ANR)

Posting Komentar