Lapak Baca yang berlangsung di SD Bangkoa, Desa Baturappe Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (23/04)-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadikan program kerja (proker) Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) yakni Psychology in Action (PIA) sebagai penarik minat baca anak di Desa Baturappe, Kecamatan Biring Bulu, Kabupaten Gowa.

Peserta pada kegiatan PIA yang terdiri dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) ini terlihat begitu antusias dalam aitem kegiatan Lapak Baca yang berlangsung di ruangan SD Bangkoa. Aitem kegiatan ini merupakan suatu wadah bagi siswa-siswi SD untuk dapat menarik perhatian mereka dalam membaca. 

Sekretaris kabinet Bem Kema FPsi UNM, Dwiyanti Regita Cahyani menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya dilakukan dengan tujuan untuk mengajak siswa-siswi untuk membaca, tetapi juga sebagai metode dalam memunculkan minat anak dalam membaca. "Kalau memang mereka belum bisa membaca, setidaknya ada dulu tertariknya atau minatnya untuk membaca," jelasnya.

Penanggung Jawab dari Lapak Baca ini juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini volunteer telah dibagi menjadi beberapa kelompok dalam mengajak siswa-siswi membaca dengan metode yang berbeda. "Jadi, kenapa ada volunteer dibagi-bagi ki, ada yang dibagian membaca, mewarnai, mendongeng supaya anak-anak yang belum bisa membaca diajar ki atau kita yang bacakan dongengnya supaya kita tarik dulu minatnya supaya dia lebih lanjut mau membaca," paparnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Tari ini berharap agar setelah diwadahi dengan buku-buku, anak-anak yang ada di desa Baturappe ini lebih tertarik dalam membaca. "Buku anak-anak sudah banyak mi, jadi kapanpun mereka mau membaca adaki yang mereka bisa baca," harapnya. (TS) 

Posting Komentar