Presentasi KTI Wa Ode Rahmawati pada seleksi Pilmapres tingkat Fakultas Teknik
Sumber: Dok. Pribadi Wa Ode Rahmawati
Psikogenesis, Senin (15/06)- Wa Ode Rahmawati sebagai perwakilan Fakultas Teknik (FT) berhasil memperoleh juara satu dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020 dan ditetapkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Universitas Negeri Makassar (UNM). Ia pun otomatis akan menjadi wakil UNM dalam Pilmapres tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Wa Ode Rahmawati selaku Mapres 2020 UNM mengungkapkan bahwa sebelum dirinya mewakili FT ke tingkat universitas, ia mengaku telah melewati penyaringan yang begitu selektif dengan sistem layaknya Pilmapres nasional pada Selasa (25/02).

"Proses penyeleksiannya dipilih 10 besar dari sekitar 54 mahasiswa FT yang mendaftar untuk mempresentasikan KTI (baca: Karya Tulis Ilmiah) nya masing-masing. Jadi 10 mahasiswa yang terpilih itu kemudian diseleksi untuk mendapatkan juara 1-3 Mapres FT UNM,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Ama ini. 

Setelah dinobatkan sebagai juara pertama dan sebagai perwakilan FT UNM ke Pilmapres tingkat universitas, mahasiwa asal Wakatobi ini mengikuti proses seleksi yang dilakukan secara langsung di lantai 6 pinisi dengan mempresentasikan KTI di depan 9 Wakil Dekan III (WD III) dari 9 fakultas di UNM. Namun, karena terkendala transportasi untuk ke Makassar, Ama harus rela mempresentasikan hasil karyanya secara daring.

"Beda halnya dengan saya, karena saya masih sementara di Wakatobi dan tidak ada transportasi laut maupun udara yang bisa ke Makassar saat itu. Jadi saya sendiri yang presentasi online dengan menyiapkan segala materi dan keperluan lainnya," jelasnya ketika dihubungi melalui WhatsApp.

Ama mempresentasikan KTI dengan judul "Penerapan Aplikasi Wakatobi_Tour.id berbasis Android sebagai Upaya Mempermudah Turis dalam Penjelajahan ke Pulau Wakatobi Sulawesi Tenggara". Karyanya tersebut kemudian mengantarkan Ama menduduki peringkat pertama dengan perolehan nilai 97,15 meski dinilai memiliki kendala.

"Karena memang kondisi saat ini masih kurang kondusif sehingga masih banyak yang harus disiapkan lagi tapi alhamdulillah berjalan lancar ji," terangnya.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer ini merasa sangat bersyukur dan tidak menduga bahwa dirinya akan menang.

"Dengan usaha dan tentunya doa dari kedua orang tua sehingga alhamdulillah sangat bersyukur bisa terpilih," tandasnya.

Lebih jauh, mahasiswa angkatan 2018 ini menuturkan bahwa akan lebih mempersiapakan diri untuk Pilmapres tingkat nasional 2020.

"Berusaha lebih giat lagi untuk menuju ke tingkat nasional dengan membawa nama UNM dan mempersiapkan semua dengan matang dan tentunya terus semangat," tuturnya. (UNCH)

Posting Komentar