Fakultas Psikologi Unversitas Negeri Makassar
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Selasa (03/06)-Pelaksanaan semester antara Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan dimulai dengan melakukan pendataan mahasiswa pada Selasa (09/06) depan. 

Ahmad Ridfah selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM menjelaskan bahwa sebelum pendaftaran dibuka, pendataan mahasiswa terlebih dahulu dilakukan. Pendataan ini dilakukan dengan cara meminta mahasiswa untuk memasukkan nama beserta mata kuliah yang ingin diprogramkan.

"Kayaknya pendataan dulu sebelum pendaftaran, nanti kalau sudah pasti jalan mata kuliahnya baru pendaftaran," jelasnya. 

Ridfah menambahkan bahwa apabila memenuhi syarat minimal lima peserta dan disetujui oleh dosen, maka mata kuliah tersebut dapat diprogramkan. 

"Kan syarat jalannya mata kuliah itu 5 orang. Setelah itu, baru kami cari dosennya, kalau ada dosen yang mau ngajar maka kelas dibuka. Bisami KRS-an (baca: Kartu Rencana Studi),” tambahnta.

Proses pendataan sendiri akan dilakukan selama 2 hingga 3 hari. Ridfah mengungkapkan bahwa kemungkinan daftar mata kuliah yang dapat diprogramkan akan disebarkan melalui grup telegram FPsi UNM. 

"Paling di grup telegram," ungkapnya. 

Semester antara yang meski akan dilaksanakan secara daring ini, akan tetap menggunakan sistem langsung dalam pengurusan KRS. Hal ini karena pihak Tata Usaha (TU) harus memasukkan data secara manual. 

"Kemungkinan iya (baca: pelaksanaan KRS secara langsung), karena TU input manual di SIA (baca: Sistem Informasi Akademik), nda sama yang semester biasa," tuturnya. 

Semester antara yang ditujukan untuk mahasiswa minimal semester 4 ini masih masih mematok harga yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni Rp. 160.000,- per Sistem Satuan Kredit (SKS). 

"Semester 4 ke atas, anak 2019 belum boleh," ujarnya. 

Lebih jauh, Ridfah pun berharap agar pelaksanaan semester antara dapat berlangsung dengan lancar. 

"Semoga lancar SA-nya," tandasnya. (ZN)

Posting Komentar