Expo Bermain dengan tema "Zaman Berubah, Permainanku Tidak" di Pelataran Phinisi UNM, Sabtu (08/12)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (09/12)-Dian Novita Siswanti mengapresiasi kegiatan Expo Bermain dengan tema "Zaman Berubah, Permainanku Tidak" yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakuktas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang memprogram mata kuliah Psikologi Bermain di Pelataran Phinisi UNM pada Sabtu (08/12).

Dosen pengampu mata kuliah psikologi bermain ini mengungkapkan bahwa kegiatan expo tahun ini jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. "Alhamdulillah hari ini,  yang kali ini cukup total," ucapnya.

Selain itu dosen yang akrab disapa Dian ini menambahkan bahwa kegiatan tahun ini dihadiri jauh lebih banyak peserta daripada tahun-tahun sebelumnya. "Kalau tahun-tahun sebelumnya tidak banyak pesertanya,  orang tua yang hadir juga tidak banyak," ungkapnya. 

Lebih jauh, Dian mengaku kegiatan expo bermain tahun ini lebih menarik dan variatif, baik dari segi permainan maupun hiburan-hiburan yang ditawarkan. "Permainannya cukup banyak yang menggunakan area luas, jadi memudahkan anak-anak untuk bergerak,"  ujarnya.

Tidak hanya itu, Dian juga mengapresiasi fasilitas konseling yang disediakan oleh panitia. Menurutnya konseling yang dilakukan tahun ini juga mendapat banyak apresiasi dari para orang tua yang hadir dalam kegiatan "Kalau dulu konselingnya hanya 2 bilik,  hanya 2 konselor, tapi sekarang sudah 4, saya rasa pencapaian yang luar biasa," jelasnya. 

Dian berharap melalui kegiatan ini, orang tua dan guru dapat lebih melestarikan permainan-permainan tradisional yang penting bagi perkembangan psikomotorik anak. Ia pun menambahkan agar orang tua dapat mengoptimalkan konseling yang disediakan dalam kegiatan maupun setelah kegiatan berakhir. "Orang tua itu perlu aware dengan kondisi anak kalau tau anaknya punya masalah jangan disimpan," pungkasnya. (ZN)

Posting Komentar