Suasana Expo Bermain dengan tema "Zaman Berubah, Permainanku Tidak" 
oleh Mahasiswa (i) FPsi UNM yang dilaksanakan di Pelataran Gedung Pinisi UNM, Sabtu (8/12). 
sumber: Dok. LPM Psikogenesis




Psikogenesis, Sabtu (08/12)-Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan Expo Bermain dengan tema "Zaman Berubah, Permainanku Tidak" yang dilaksanakan di Pelataran Phinisi UNM pada Sabtu (08/12) sebagai pengganti Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Psikologi Bermain.

Nurlianti Safira selaku Ketua Panitia Expo Bermain menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Psikologi Bermain ini, diikuti oleh sekitar 300 anak dengan rentang usia 3 hingga 7 tahun. "Ada yang SD, tapi kebanyakan dari TK," jelasnya.

Mahasiswi yang kerap disapa Safira ini juga mengungkapkan bahwa tema expo tersebut diangkat karena anak-anak sekarang hanya fokus pada gadget dan sudah jarang melakukan permainan-permainan tradisional. "Walaupun zaman berubah, teknologi semakin canggih, permainan bukan hanya di gadget,"  ungkapnya.

Total terdapat 19 karya bermain yang disediakan oleh panitia untuk para peserta. Permainan tersebut terdiri atas permainan-permainan tradisional yang dimodifikasi menjadi lebih modern. Di setiap stan permainan, mahasiswa turut menyediakan reward bagi para peserta yang menang maupun kalah. "Jadi setiap stan menyediakan reward, bagi yang menang maupun yang kalah," ujar mahasiswa angkatan 2016 ini.

Selain menyediakan fasilitas bermain dan unjuk kreativitas, panitia pelaksana kegiatan juga memfasilitasi konseling gratis bagi para peserta dengan mendatangkan langsung 5 psikolog dari FPsi UNM, yakni Kurniati Zainuddin, Novi Yanti Pratiwi, Novita Maulidya Djalal, Tri Sugiarti dan Astiti Terriawaru Ahmad. "Jadi kita mendatangkan psikolog dari psikologi (Baca: FPsi UNM) bagi bapak ibu yang mau konseling seputar perkembangan anak," tutupnya. (ZN)

Posting Komentar