Pamflet kegiatan sharing session PSIKOPAT
Sumber: dok. Pribadi PSIKOPAT
Psikogenesis, Minggu (19/04)- Alumni Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2004 atau yang lebih dikenal dengan nama PSIKOPAT kembali mengadakan sharing session dan kuliah online yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Psikologi Terapan (LPPT) Widya Prasthya. Sharing session ini dilaksanakan pada Sabtu (18/04) kemarin melalui aplikasi Zoom dengan membahas materi “Self Healing, Kita adalah Penyembuh Terbaik Bagi Diri Sendiri”.

Widyastuti selaku pemateri mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh psikopat merupakan kegiatan nostalgia dan bersifat positif. 

“Dalam hal ini kalo di kampus kita, alumni yang memulakan adalah psikopat, karena sebenarnya di mana pun mereka, menjadi apa pun mereka saat ini, ada sebuah rindu tentang bersama-sama menimba ilmu lagi," ungkapnya.

Dosen yang akrab disapa Widya ini pun mengaku senang bisa menjadi pemateri sekaligus bertemu kembali dengan para alumni FPsi tersebut. 

“Yang pasti hepi (baca: senang) lah berasa kumpul lagi dengan mereka," jelas Widyastuti saat dihubungi melalui Whatsapp

Dalam Sharing Session yang diadakan, Widya membawakan materi self healing. Self healing ini merupakan bagian yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Menurut Widya, terkadang individu disibukkan dengan banyak hal di luar dirinya sehingga membuat diri menjadi sakit atau terganggu. Individu akhirnya akan menjadi sibuk mencari cara menyembuhkan luka batin itu di luar dirinya.

“Dengan ngobrol tentang self healing sebenarnya kita mencoba melihat ke dalam (baca: diri). Karena sesungguhnya kita sendiri lah yang bisa menjadi penyembuh luka batin kita," jelasnya.

Self healing juga mengingatkan diri sendiri untuk menyukai diri sendiri, memberikan penghargaan kepada diri sendiri, berterima kasih terhadap diri sendiri, dan meminta maaf kepada diri sendiri. 

"Salah satu cara melihat ke dalam adalah dengan mengolah pernafasan," tambahnya.

Lebih jauh, Widya pun berharap peserta Sharing Session yang diadakan oleh psikopat ini bisa menyeimbangkan antara dunia di dalam dan di luar diri mereka.

“Sebenarnya bunda hanya mengingatkan saja agar anak-anak bunda bisa menyeimbangkan antara dunia di luar dan di dalam dirinya," harapnya. (OA)

Posting Komentar