Ilustrasi kuliah daring
Sumber: google.com
Pendidikan adalah suatu proses belajar yang dapat dilakukan oleh manusia dimana saja dan kapan saja demi meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup manusia itu sendiri. Özdemir dan Aydın (Khusniyah & Hakim, 2019) menjelaskan bahwa media online dapat digunakan dalam proses pembelajaran Dalam Jaringan (daring) melalui pendekatan berbasis proses.

Pembelajaran daring di Indonesia dilakukan serentak sejak tanggal 23 Maret 2020. Merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, maka kegiatan belajar mengajar pun dilakukan secara daring dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). 

Lalu apakah hal ini dapat berdampak pada psikologis pelajar? 

Novita Maulidya Djalal selaku Psikolog Pendidikan menjelaskan bahwa pembelajaran daring tidak mengubah kepribadian, namun dapat memengaruhi rutinitas hidup individu. 

Selain itu, ia menambahkan bahwa pembelajaran daring memiliki pengaruh positif bagi beberapa orang, seperti tingkat kepercayaan diri hingga kesiapan belajar. 

“Secara psikologis, para peserta didik yang cenderung tertutup dan pemalu jika aktif berdiskusi di kelas, melalui daring ini, peserta didik tersebut dapat lebih mempersiapkan diri dan lebih percaya diri untuk turut terlibat dalam proses diskusi melalui e-learning," jelasnya. 

Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang menyebabkan pembelajaran daring kurang efektif, yaitu kurangnya keterampilan sosial, komunikasi yang terbatas dan membutuhkan motivasi tinggi. 

“Karena e-learning lebih menekankan pada pembelajaran yang mandiri sehingga motivasi internal dari diri siswa sangat diharapkan. Tentu saja ini akan berbeda jika pendidik dan anak didik bertemu langsung, dimana pada saat tatap muka motivasi belajar dapat berasal dari internal (baca: siswa) juga diperkuat oleh motivasi dari eksternal (baca: pendidik)," ujarnya.

Setelah melihat berbagai dampak dari pembelajaran daring, apa yang bisa kita lakukan? Novita turut membagikan tips untuk menghadapinya, yakni menerima kondisi, memunculkan pikiran positif karena akan berdampak pada munculnya emosi positif, memiliki pegangan hidup utamanya berpegang pada Kekuasaan Allah SWT, dan melakukan aktivitas positif. 

“Setelah menyadari situasi, lalu kita juga mulai berupaya memahami diri kita apa yg kita ingin capai sehingga tetap dapat mengoptimalkan sumber daya yang kita masih miliki," tutupnya. (CK)

Referensi:
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektifitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 12(1), 19-33. E-ISSN: 2503-4510.

Posting Komentar