Suasana Seminar Proposal Penelitian Eksterbal LPM Penalaran
Sumber: Dok. LPM Penalaran

Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar proposal penelitian eksternal lembaga pada Sabtu (21/05) kemarin.

Kegiatan seminar proposal penelitian eksternal lembaga adalah salah satu program kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan LPM Penalaran UNM. Proposal tersebut merupakan gagasan dan ide kreatif dari seluruh Staf Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) serta merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh staf Divisi Litbang.

Terdapat empat proposal yang berhasil diseminarkan yang terdiri dari tiga skim yakni sains, sosial dan pendidikan. Seminar proposal penelitian lembaga terlaksana pada Sabtu, 21 Mei 2022 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Khalifah Islamic School of Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh penanggap ahli, anggota serta alumni LPM Penalaran UNM. Adapun judul proposal penelitian yang telah diseminarkan:

1. Formulasi Daun Mangrove Rhizophora Mucronata dan Gel Aloe Vera sebagai Bahan Dasar Pembuatan Paper Soap.

2. Efektivitas Mindfulness Menurunkan Kecemasan Konsumen dalam Berbelanja Online di Masa Pandemi Covid-19.

3. Analisis Penerapan Mitologi Suku Kajang dalam Konservasi Alam.

4. Pengembangan Papan Faktorisasi Berbasis Braille dalam Meningkatkan Efektivitas Pengerjaan Soal KPK dan FBP Siswa Tunanetra SLB-A Yapti Makassar.

Sahrul Alam selaku Ketua Divisi Litbang mengatakan bahwa proposal yang berhasil diseminarkan pada hari ini adalah proposal yang telah melewati beberapa tahapan seperti penentuan ide, Pengajuan Term of Reference (TOR) proposal, dan penyusunan proposal setiap tahapan yang dilalui oleh tim peneliti memiliki tantangan tersendiri yang sangat menguras tenaga, pikiran dan dibutuhkan ketekunan serta semangat yang besar untuk melaluinya.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh tim penelitian atas apa yang telah mereka kerjakan dan tanggapan serta masukan yang didapatkan pada seminar hari ini juga sangat membantu tim peneliti untuk memperbaiki dan mengarahkan setiap proses tahapan penelitian yang akan mereka laksnakan serta melengkapi apa yang dianggap kurang oleh penanggap ahli," katanya.

Sementara Adil Awal selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM tahun 2022, berharap dengan terlaksananya seminar proposal ini tim peneliti dapat menerima segala masukan dari penanggap ahli dan menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memberikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi lembaga serta masyarakat luas.

"Harapannya setelah kegiatan seminar proposal ini, peneliti segera revisi proposalnya dan melanjutkan ke tahapan berikutnya. Para peneliti sekiranya menerima segala masukan dari penanggap dan menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memberikan penelitian yang bermanfaat bagi lembaga khususnya," harap Adil Awal.

Posting Komentar