Bangunan Baru Fakultas Psikologi yang Telah Selesai
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (20/05)-  Proses pembangunan ruang baru Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang telah berlangsung sejak akhir tahun lalu kini telah rampung. 

Kedepannya ruangan baru ini akan difungsikan sebagai ruang kerja tambahan untuk dosen-dosen baru yang masih belum memiliki ruang kerja. Wakil Dekan (WD) II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Lukman, menerangkan bahwa ada total 21 dosen baru yang belum memiliki ruang kerja.

“Penggunaannya itu bukan untuk ruang dekan tapi ruang dosen baru. Kita punya dosen baru itu 13 tambah 9, tahun lalu yang terakhir ada 21 orang dosen, nah itu tidak atau belum ada ruangannya,” terangnya.

Lukman juga menambahkan bahwa alasan rencana penggunaan ruang baru sebagai ruang dosen dikarenakan saat ini fakultas sedang kekurangan ruangan.

“Kita kekurangan ruangan, maka dua ruangan itu sekarang akan dipakai. Ruangannya Ibu Wid, Ridfah itu dan ruangan yang baru itu akhirnya diputuskan untuk dipakai untuk jadi ruang dosen,” tambahnya.

Seluruh fasilitas infrastruktur dituturkan oleh Lukman telah disiapkan di ruangan yang baru, kecuali untuk Air Conditioner (AC) yang belum tersedia untuk saat ini.

“Semua (baca: fasilitas) sudah disiapkan disana, yang belum itu adalah AC. Khusus untuk pengadaan alat elektronik itu tidak boleh diadakan kecuali sudah direncanakan setahun sebelumnya, didalam perencanaan tahun ini tidak ada pembelian AC, sehingga ruangan itu tidak bisa dibelikan AC,” tuturnya.

Kondisi ini menyebabkan dosen-dosen menjadi enggan untuk menempati ruangan tersebut.

“Dosen yang baru itu katanya tidak mau menempati ruang itu kalau tidak ada AC-nya, jadi tidak ditempati, tapi sudah disiapkan meja kursi sudah ada,” sebutnya.

Untuk pengadaan AC sendiri, Lukman mengatakan bahwa tahun depan sudah ada, begitupun dengan pengadaan beberapa fasilitas lainnya. Namun untuk kapan ruangan tersebut akan difungsikan itu kembali lagi kepada dosen yang bersangkutan kapan ingin menempati ruangan tersebut. 

“Kalau dosen baru tidak ingin menggunakannya, menunggu. Ada beberapa sebenarnya pembelian, pengadaan, yang sudah direncanakan tahun depan. Jadi semua dosen baru itu akan dibelikan seperti meja staf di TU (baca: Tata Usaha), kursinya juga akan diganti, terus AC sudah akan dibelikan, ada rencana juga untuk memperbaiki ruang tunggu. Tapi masih lama, kan tahun depan itukan tidak bisa dibeli Januari, keuangan itu hanya bisa terbuka itu di bulan Maret,” ungkapnya.

Terakhir Lukman berharap agar dosen-dosen tersebut ingin menempati ruangan baru sambil menunggu pengadaan fasilitas yang dibutuhkan, ini juga bertujuan agar dosen-dosen tersebut memiliki tempat untuk beristirahat ketika perkuliahan luring nantinya sudah berlangsung.

“Padahal itu di semester berikutnya sudah mulai dibuka untuk luring, maka kalau mereka tidak menempati ruangnya sayang gitu, karena mereka akan kesulitan kalau mengajar di kelas, lalu mau istirahat dimana? Kan begitu. Jadi harapan saya ruangan itu difungsikan sambil menunggu pengadaan barang milik negara yang akan disiapkan, harapan saya itu,” tutupnya. (PHS)

Posting Komentar