Pamflet A. Zhafirah Anisa Putri, Presiden BEM Kema FPsi UNM Periode 2022-2023.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (14/05) - Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menetapkan Andi Zhafirah Anisa Putri sebagai Presiden BEM Kema FPsi untuk periode 2022-2023. Mekanisme penetapan dilaksanakan dalam forum Musyawarah Besar (mubes) ke-XX (dua puluh) Kema FPsi UNM pada Sabtu (14/05) dini hari di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM.

Sebelumnya, hasil pemilu yang menyimpulkan Muh Pajrul Syawal sebagai Presiden BEM Kema FPsi terpilih, memutuskan untuk mengundurkan diri (Baca juga: Menyatakan Mengundurkan Diri di Forum, Maskem: Bukan Kesalahan Pres Terpilih). Ketua Umum Maperwa terpilih, Moch Fachri Zahdy menjelaskan bahwa kebijakan pemilihan Presiden BEM Kema FPsi dalam kasus ini diberlakukan mekanisme penetapan oleh Maperwa Kema FPsi.

"Sistem pemilihan sekarang itu, diputuskan oleh Maperwa dengan melihat pertimbangan dari masing-masing fraksi BKM (baca: Biro Kegiatan Mahasiswa) dan angkatan aktif, jadi kita lihat apakah mereka sepakat saudari Firah ditetapkan menjadi Presiden BEM terpilih. Semua BKM, angkatan yang masih aktif dalam berlembaga seperti angkatan 2018, 2019, 2020 menyepakati penetapan Firah sebagai Presiden BEM periode 2022-2023," jelasnya.

Mekanisme penetapan Presiden BEM Kema FPsi UNM periode 2022-2023 dianggap oleh Ketua Maperwa sebagai kejadian 'luar biasa' dikarenakan calon presiden terpilih mengundurkan diri, sehingga prosedur penetapan Presiden BEM Kema FPsi selanjutnya mengacu pada forum mubes sebagai forum tertinggi.

"Karena ini kejadian luar biasa jadi kita mengacu pada mubes sebagai forum tertinggi. Kemarin kan sebenarnya sudah ada hasil pemilu tapi tidak jadi, terus ada satu calon yang disepakati di mubes, itu yang dibawa," tambah mahasiswa dengan sapaan Fahri ini.

Sebelum ditetapkan, Andi Zhafira Anisa Putri atau akrab dengan sapaan Firah, menyampaikan gagasan visi dan misi-nya dalam forum mubes. Visi linearisasi cita-cita Kema FPsi UNM, diikuti oleh misi antara lain meningkatkan sinergitas Lembaga Kemahasiswaan (LK), menumbuhkan kebermaknaan Kema bagi masyarakat Kema, dan pengoptimalan pendidikan Kema FPsi UNM yang superlatif, adaptif, dan inovatif menjadi motivasi Firah untuk berusaha dengan maksimal sebagai Presiden BEM Kema FPsi periode 2022-2023.

"Melihat proses pemilihan ini dari yang awalnya sudah ada presiden terpilih namun sampai di kondisi ini jujur masih tidak menyangka. Namun karena ini sudah menjadi amanah, saya sudah tidak melihat ke yang kemarin. Lihat sekarang dan bagaimana untuk kedepannya, apa yang menjadi visi misi dan harapan teman-teman yang mereka percayakan kepada saya itu menjadi motivasi saya untuk berusaha dengan maksimal," ungkap Firah.

Ditetapkannya Firah sebagai Presiden BEM Kema FPsi UNM, membuat dirinya menjadi perempuan pertama yang menjabat kursi kepemimpinan BEM Kema FPsi UNM. Dengan begitu ia berharap keputusannya untuk menjadi pemimpin

"Dengan terpilihnya saya, saya mencoba memunculkan figur baru sebagai Presiden BEM, saya harapnya ini bisa membuka pikiran orang-orang bahwa pemimpin itu tidak dibatasi hanya oleh gender, meskipun saya tidak bisa menjanjikan sesuatu yang sempurna kedepannya. Tapi mungkin dengan keputusan saya ingin menjadi Presiden BEM, bisa menggugah hati khususnya wanita untuk menjadi pemimpin," tutup Firah. (AR)

Posting Komentar