Pelaksanaan Psikotes oleh Mahasiswa BKP FPsi UNM Bersama Tim TAC PT. Hadji Kalla (Holding).
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ikut berpartisispasi secara aktif dalam pelaksanaan psikotes yang dilaksanakan oleh tim Training and Assessment Center Department (TAC) PT. Hadji Kalla (Holding). 

Noor Erdianzah atau yang akrab disapa Eca selaku Assessment Center Analyst di PT. Hadji Kalla (Holding) menjelaskan bahwa psikotes yang dilaksanakan setiap dua kali seminggu diperadakan sebagai salah satu bentuk seleksi bagi calon karyawan baru. 

"Kalo ketentuannya kita (baca: PT. Hadji Kalla (Holding) itu biasanya proses psikotes dilakukan dua kali dalam seminggu, Selasa dan Kamis. Tujuannya sebenarnya lebih ke arah pemenuhan terkait dari adanya kebutuhan (baca: karyawan baru) di setiap bussiness unit," jelasnya. 

Eca menambahkan bahwa pelaksanaan psikotes diperuntukkan bagi pihak internal Kalla Group dan pihak eksternal atau di luar lingkup Kalla Group. 

"Yang pertama itu ada sifatnya internal dan yang kedua itu ada sifatnya eksternal. Nah untuk internal itu yang termasuk di dalam Kalla Group sedangkan yang eksternal itu lebih ke arah di luar dari Kalla Group," imbuhnya.

Lebih lanjut, Eca mengungkapkan bahwa mahasiswa BKP berperan sebagai administrator dalam pelaksanaan psikotes di PT. Hadji Kalla (Holding).

"Pertama karena dari segi proses tahapannya juga cukup banyak, dengan adanya anak magang kita cukup terbantu dan lebih ke arah kita memberikan pengetahuan ke anak magang bahwa untuk proses psikotes itu tahapannya seperti ini, alat tesnya itu seperti ini, bagaimana implementasi dari segi prosesnya juga dan lebih ke arah mengontrol dari pelaksanaan psikotesnya," pungkasnya. 

Cyndy, sebagai salah satu anggota tim BKP mengungkapkan harapannya semoga buah dari pelaksanaan program magang ini dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. 

"Harapannya semoga setelah pelaksanaan magang ini banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat dan bisa diimplementasikan di dunia kerja nantinya," harapnya.

Posting Komentar