Sitti Raodatuljannah dalam Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Barru.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Selasa (30/05) - Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) Sitti Raodatuljannah terpilih sebagai Runner-Up (RU) II Duta Budaya Kabupaten Barru Tahun 2023 dalam Festival Budaya To Berru pada Rabu-Jumat (24-26/05) yang lalu.

Mahasiswi dengan sapaan akrab Oda ini mengungkapkan rasa bangga dan bersyukurnya atas gelar RU II Duta Budaya yang telah diraihnya.

"Alhamdulillah, tentunya bangga dengan diri sendiri karena selain mendapatkan pengalaman dan relasi juga menambah pengetahuan terkait budaya tentunya," ungkapnya.

Kemudian, Oda menyebutkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Barru bersama dengan Asosiasi Duta Budaya Kabupaten Barru.

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Barru serta panitia dari Asosiasi Duta Budaya Kabupaten Barru," sebutnya.

Oda juga menjelaskan bahwa pemilihan Duta Budaya Kabupaten Barru tersebut memiliki beberapa rangkaian kegiatan, dimulai dari karantina, tes wawancara dan bakat, serta rangkaian terakhir acara grandfinal.

"Karantina, tes wawancara dan bakat, serta grandfinal. Dari tanggal 24 Mei itu karantina dan grandfinal berlangsung di tanggal 26 Mei," jelasnya.

Sebagai Duta Budaya Kabupaten Barru, Oda mengungkapkan kewajiban yang harus ia laksanakan yaitu menjadi jembatan pengetahuan mengenai budaya bagi masyarakat dan generasi milenial.

"Sebagai corong budaya untuk masyarakat dan generasi milenial yang masih awam tentang budaya karena salah satu ancaman dari ketahanan budaya itu mengenai identitas," ungkapnya.

Akhir kata, Oda mengungkapkan harapannya agar ia bisa terus berkomitmen dengan apa yang ia mulai dari awal dan berharap kepada generasi milenial bisa melanjutkan dan melestarikan budaya.

"Semoga bisa komitmen dengan apa yang telah dimulai dari awal yang memotivasi untuk ikut dalam pemilihan Duta Budaya ini, serta harapan untuk generasi milenial agar melanjutkan dan melestarikan budaya," tutupnya. (RBN)

Posting Komentar