Webinar Kerjasama antara Kelompok BKP FPsi dan SD IT Azzahra.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Azzahrah menggelar webinar dengan topik "Spiritual Teaching: Mencerdaskan IQ, EQ, dan SQ Untuk Pemenuhan Kesejahteraan Psikologis Siswa" pada hari Sabtu (20/05) melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam terkait konsep school well-being, karena belum umum dikenal banyak oleh para pengajar. Kemudian, disatupadukan dengan kompetensi spiritual teaching, sebab keduanya saling berkaitan erat.

Salah satu anggota tim BKP, Dita Maharani Resky mengatakan bahwa webinar ini fokus utamanya diperuntukkan kepada guru namun tetap terbuka untuk umum guna menambah wawasan.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber. Dimana narasumber pertama Andi Halima yang membahas materi terkait school well-being. Kemudian narasumber kedua yaitu Titin Florentina Purwasetiawatik yang menyampaikan terkait spiritual teaching.

Lebih lanjut, mahasiswi psikologi angkatan 2020 ini menjelaskan bahwa webinar ini merupakan salah satu program kerja tim BKP magang. Ia pun menuturkan program kerja tersebut berguna mengenalkan konsep school well-being dan spiritual teaching bagi para guru sebagai pengajar untuk kesejahteraan psikologis siswa.

Hal ini terbukti pada saat kegiatan berlangsung, saat sharing session dengan narasumber, para penanya yang tak lain adalah guru dari SDIT Azzahrah yang menanyakan mengenai tips kejenuhan belajar siswa, tolok ukur sekolah yang sejahtera, punishment yang wajar, dan sebagainya.

Dita, sapaan anggota tim BKP di SD IT Azzahra berharap bahwa para peserta webinar sadar akan hal pentingnya menjaga kesejahteraan psikologis siswa dapat terbantu dalam proses belajar mengajar.

"Semoga kegiatan ini bisa membuat peserta webinar khususnya para guru melek, dan menyadari bahwa pentingnya kesejahteraan psikologis siswa dalam proses pembelajaran, serta dapat terbantu dengan menerapkan tips-tips yang diberikan di dalam kelas," tutupnya.

Posting Komentar