Sosialisasi Studi Independen MBKM UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (19/01)– Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali lagi menyelenggarakan sosialisasi terkhusus "Program Studi Independen Bersertifikat Batch 2 Bersama Mitra Binar Academy" melalui media Zoom Cloud Meeting dan siaran langsung YouTube pada Selasa (18/01). 

Agenda sosialisasi dimulai pada pukul 19.30 WITA yang dibuka oleh Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik UNM, namun berhalangan hadir sehingga kegiatan ini dibuka oleh Ketua TIM MBKM UNM, Khaeruddin. 

Sosialisasi Program Studi Independen Bersertifikat Batch 2 merupakan kelanjutan dari sosialisasi sebelumnya terutama dengan Mitra Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yaitu Binar Academy dalam Studi Independen Bersertifikat. 

‘‘Oleh karena itu harapan kita adalah agar peserta program Studi Independen Bersertifikat ini juga bisa melebihi pendaftar atau yang lolos seleksi dapat melebihi tahun-tahun sebelumnya pada batch 1 dan semoga melalui sosialisasi-sosialisasi Tim MBKM UNM ini bisa meningkatkan semangat bagi mahasiswa dalam melakukan pendaftaran di laman kementerian, khususnya Studi Independen,’’ ungkapnya. 

Kegiatan sosialisasi Studi Independen Bersertifikat terkhusus dengan Mitra Binar Academy ini dibawakan oleh Bakhtiar sekaligus TIM MBKM UNM. Bakhtiar mengungkapkan mengenai Studi Independen Bersertifikat merupakan program sertifikasi atau short course yang diakui Kemendikbud Ristek selama 1 sampai 2 semester penuh dan mendapatkan sertifikat. 

Selain kompetensi yang disediakan, pemerintah juga memberikan uang saku atau biaya hidup bulanan peserta Studi Independen Bersertifikat kepada mahasiswa yaitu sebesar Rp. 1.200.000/bulan.

Terkait penjelasan mengenai Mitra Binar Academy dalam Studi Independen ini dapat menyaksikan rekaman “Sosialisasi Program Studi Independen Bersama Mitra Binar Academy” yang telah dijelaskan di sosialisasi sebelumnya pada akun YouTube MBKM UNM atau melalui tautan berikut https://youtu.be/GtruPdcVlZU.

Salah satu kompetensi dalam Binar Academy yaitu peserta mampu dalam membuat dan mengelola website, selain itu terdapat 9 Course yang disediakan. Untuk jumlah kuota yang disediakan Binar Academy adalah sebesar 2500 peserta.

Proses Seleksi Studi Independen Bersertifikat dibagi menjadi dua yaitu tes logika dalam menilai kemampuan logika peserta dalam mengikuti kelas digital skills dan tes essay untuk menilai motivasi dari diri peserta.

Manfaat untuk peserta Studi Independen Bersertifikat yaitu kesempatan belajar kemampuan digita sesuai dengan kebutuhan industri yang semakin meningkat, belajar bersama fasilitator yang berasal dari praktisi dunia digital secara langsung, dan pembelajaran fleksibel secara daring dan praktik pembuatan sebuah produk digital secara kelompok. 

Mahasiswa UNM yang tertarik mengikuti Program Studi Independen ini dapat mendaftarkan diri pada laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id hingga Jumat (21/01). 

Untuk informasi lebih lanjut, mahasiswa UNM yang berminat mengikuti program-program ini dapat menyaksikan rekaman sosialisasi pada akun YouTube MBKM UNM atau melalui tautan berikut https://youtu.be/y3vXxjUiGbE serta dapat bergabung dengan grup telegram pada tautan berikut https://t.me/+2dvGkS74nv5lNmY1. (BI)

Posting Komentar