Penandatanganan berita acara visitas oleh Tim Assesor BAN PT di ruang seminar FPsi UNM, (28/05)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Akreditasi Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memasuki masa kadaluarsa, namun Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) belum memberikan pengumuman terkait hasil dari peninjauan Asesor ketika melakukan visitasi di F.Psi UNM, (27-29/05).

Dilansir dari situs resmi BAN-PT, akreditasi F.Psi UNM berakhir pada tanggal 05 Agustus 2016. Namun sampai saat ini pihak Fakultas belum mendapat kabar mengenai hasil dari visitasi yang dilakukan Asesor di F.Psi UNM.

"Oke, jadi terkait akreditasi sampai hari ini kita masih dalam posisi menunggu jawaban dari BAN-PT, saya pikir kalau ada isu-isu berkembang terkait kenaikan akreditasi saya anggap itu sebagai doa. Apalagi kalau ada yang mengatakan A, tentu doa itu yang saya patut aminkan. Tapi sampai hari ini secara resmi itu belum ada," ungkap Muhammad Jufri selaku Dekan F.Psi UNM.

Status akreditasi F.Psi UNM yang memasuki masa kadaluarsa saat ini mengundang banyak kekhawatiran dari civitas akademika F.Psi UNM, salah satunya Nursyamsiar Rasya selaku mahasiswi aktif F.Psi UNM angkatan 2014 yang mengatakan bahwa dirinya merasa khawatir jika akreditasi F.Psi UNM memasuki masa kadaluarsa.

"Sudah expired mi dan belum ada pengumuman. Khawatir, tentu mi itu karena ku dengar-dengar kabar kalau expired mi dan tidak bisa ki tingkatkan bakalan kembali ki ke prodi, artinya kembali ki ke FIP, terus kalau berlangsung lama ki tidak bisa ki keluarkan ijazah," terang mahasiswi asal Bone itu.

Namun Muhammad Jufri membantah hal tersebut, dan menjelaskan bahwa terkait status akreditasi yang memasuki masa kadaluarsa tidak perlu dikhawatirkan lagi karena Asesor telah melakukan visitasi ke Fakultas Psikologi sebelum tanggal berakhirnya akreditasi Fakultas.

"Tidak ji, terkait dengan itu saya sudah konfirmasi langsung ke Prof Mansyur (Ketua BAN-PT). Tidak ada masalah karena status kita kan sudah divisitasi, berbeda kalau seandainya sudah memasuki masa expired dan belum divisitasi, itu lain ceritanya kemungkinan akan ada sanksi untuk kita kalau begitu, dan sekarang itu tinggal menunggu hasil dari komisi IX di BAN-PT terkait akreditasi ta," jelasnya.

Jufri berharap bahwa hasil resmi akreditasi F.Psi bisa dapat diketahui dalam waktu dekat ini dan memeroleh hasil yang diharapkan.

"Kita sebenarnya berharap paling cepat paling bagus. Paling cepat karena saya dengar itu informasinya salah satu perguruan tinggi di Jawa yang sebenarnya waktunya duluan mendapatkan visitasi, berkisaran dua minggu bedanya dengan kita, hari ini saya dengar dia sudah punya jawabannya ya jadi mudah-mudahan dalan waktu dekat ini. Tentu sampai sekarang saya masih terus berharap dengan penuh optimisme, nilai kita akan sesuai dengan harapan. Harapan saya tentunya yang tertinggi," ungkapnya, Senin (29/08). (AF)