Sumber: Dok. Komunitas Ilusi

Komunitas Ilusi sebagai satu-satunya komunitas yang bergerak dalam bidang sastra di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (F.Psi UNM) membuat program baru yaitu "Piknik Menulis". Program ini dilaksanakan dua kali sebulan yang dimulai sejak awal bulan Agustus yang lalu sebagai ruang belajar baru di FPsi UNM bagi yang ingin belajar menulis. 

Wawan Kurniawan selaku salah satu pendiri Ilusi mengungkapkan alasan dibuatnya program baru ini karena kurangnya ruang belajar bagi orang-orang yang senang menulis dan ingin jadi penulis. "Kami menganggap ada banyak yang ingin belajar dan tempat belajar di sekitar Fakultas kurang, akhirnya, kami ajak orang-orang untuk diskusi bersama" ungkap mahasiswa pertukaran pelajar Kanada-Indonesia tahun 2012 ini.

Di dalam piknik, peserta melakukan hal-hal bermanfaat, seperti arisan buku yang bertujuan untuk menumbuhkan dan melatih rasa berbagi. Selain itu, peserta juga membahas cerpen-cerpen dari penulis dunia, diajak menulis dan berusaha untuk menembus media. 

Untuk bergabung di komunitas sastra ini, cukup mudah. Hanya dengan bermodalkan keinginan belajar dan senang menulis. Bahkan jika berusaha dengan sungguh-sungguh, tulisan bisa menembus media. (SFR)