Pamflet Coming Soon REAL 2016
Sumber: Dok. Panitia REAL 2016

Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah mempersiapkan kegiatan pendidikan dasar awal untuk mahasiswa baru (maba). Kegiatan pendidikan yang dikenal dengan Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) ini rencananya akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan September.

Resqy Amalia, selaku Ketua Panitia REAL 2016 mengatakan bahwa kegiatan yang dikhususkan bagi mahasiswa baru dan mahasiswa yang belum melulusi REAL ini sudah dalam tahap persiapan dan pemantapan. Konsep REAL yang rencananya akan diadakan tanggal (15/09) ini lebih pada pengenalan ilmu-ilmu psikologi. “Panitia sudah mulai bergerak dan konsepnya lebih pada pengenalan dunia dan ilmu-ilmu psikologi," jelas mahasiswa yang kerap disapa Kiki ini.

Muh. Gilang Alfayed selaku Penanggungjawab Sementara (PJS) Kemendiklat mengatakan bahwa Real 2016 akan mengusung tema yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Konsep REAL kali ini akan mengedepankan pengenalan lembaga kepada maba. “REAL tahun ini konsepnya lebih ke pengenalan lembaga saja seperti memperkenalkan BKM yang ada di Fakultas Psikologi jadi hanya memberikan wejangan-wejangan seperti itu," ujarnya.

Berdasarkan Undang-undang Kema No 11 Tahun 2015 pada bab III pasal 5 nomor 3 tentang Pendidikan Dasar, mahasiswa baru diwajibkan mengikuti tiga pengaderan dasar, yaitu Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL), Psychology Camping (Psychocamp),  dan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) untuk memeroleh status sebagai anggota aktif Kema FPsi UNM dan berhak menjadi calon pengurus di lembaga kemahasiswaan. (FFS)