Sumber foto: inspiratifnews.com

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali membuka program pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi tahun 2016. Salah satu bagian dari program tersebut ialah program dosen berprestasi.

Menyambut baik adanya program ini, Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menunjuk Asniar Khumas sebagai perwakilan untuk seleksi tingkat Universitas. Saat ditemui disela kesibukannya, beliau membenarkan bahwa telah mengikuti seleksi dosen berprestasi yang dilaksanakan pada Senin (15/08) bertempat di Lt.6 Menara Phinisi UNM.

"Iya benar, ini saya diutus Fakultas untuk berlomba di tingkat Universitas, dari dua bulan lalu saya berikan surat ke dosen-dosen, ini loh diisi, tapi karena tidak ada dari dosen lain yang memasukkan berkasnya, akhirnya pimpinan yang menetapkan bahwa Ibu Niar yang diutus," ungkap dosen sekaligus Pembantu Dekan I (PD I) F.Psi UNM ini.

Lebih lanjut, dosen yang akrab disapa Ibu Niar ini menjelaskan bahwa kriteria dan persyaratan yang harus disertakan untuk mengikuti program ini hampir sama dengan program Kenaikan Pangkat. "Kriterianya itu persis seperti orang mau naik pangkat, semua data-data yang kita miliki terkait dengan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, kemudian aspek pendukung, itu semua dilaporkan,"  ungkapnya.

Program dosen berprestasi tingkat Universitas diikuti oleh perwakilan 9 Fakultas, termasuk F.Psi UNM. Sementara itu, hasil dari seleksi ini akan diumumkan langsung oleh Rektor UNM pada Rabu (17/08) bertepatan dengan upacara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71. (AFL)