Anis dan perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia di Istana Kenegaraan Republik Indonesia
Sumber: Dok. pribadi Anis Nirwana Nasir

Menjadi salah satu bagian penting dalam aktivitas kenegaraan adalah suatu hal yang membanggakan. Rabu, (17/08) kemarin salah seorang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) menjadi salah satu protokol di Istana Negara Kepresidenan Republik Indonesia (RI).

Setelah mengikuti seleksi pada tingkat provinsi, Anis Nirwana Nasir, mahasiswa FPsi UNM terpilih menjadi perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai protokol di Istana Kenegaraan RI. Anis yang juga aktif pada Purna Paskibra Indonesia ini mengaku telah mengikuti seleksi berkas dan kesehatan. Ia sendiri merasa bahwa terpilihnya ia sebagai perwakilan Sulsel merupakan keberuntungan dan rezeki bagi dirinya. "Ikut seleksi seprovinsi, mulai dari berkas sampai kesehatan. Ini diterima juga karena beruntung, rezekinya mi," ujarnya.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Anis sempat merasa bimbang ketika menerima pengumuman bahwa dirinya terpilih menjadi perwakilan Sulsel. Namun, dukungan dari orang tua sendiri membantu ia untuk berangkat ke Istana Negara sebagai protokol kenegaraan. "Setelah pengumuman itu tiba-tiba galau karena ingat proyek skripsiku. Tapi saya lihat respon dari orang tua juga mendukung keberangkatanku, makanya saya putuskan untuk berangkat," terangnya.

Menjadi seorang protokol, Anis mengaku sangat bangga dan bersyukur karena mendapatkan kesempatan yang tidak dapat diperoleh semua orang. "Tidak semua orang bisa dapat kesempatan berharga seperti ini. Pembelajaran yg saya dapatkan di sini memang belum pernah saya dapatkan di kesempatan-kesempatan sebelumnya. Saya betul-betul bersyukur bisa dikasi kesempatan untuk bekerja, belajar, sampai mengenal ruang lingkup di Istana Presiden," jelasnya.

Sebagai seorang protokol, ia bertugas untuk merencanakan, menyiapkan, menjalankan, hingga mengawasi seluruh kegiatan di Istana Kenegaraan RI. "Di Kementerian Sekretariat Negara itu ada bagian Biro Protokol Presiden yang tugasnya itu merencanakan, menyiapkan, menjalankan sampai mengawasi seluruh kegiatan di istana presiden, mulai dari hal-hal kecil sampai besar," ujar wanita asal Sidrap ini.

Anis dan perwakilan dari provinsi lainnya akan bertugas sebagai bagian Biro Protokol Presiden selama satu bulan. (IN)