Sumber: www.psikologi-unpad.ac.id

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung mengadakan lomba untuk mahasiswa Psikologi se-Indonesia dengan nama kegiatan Psyferia National Competition. Terdapat empat kategori lomba yaitu lomba cerdas cermat, lomba debat, kompetisi film pendek dan lomba esai tingkat nasional pada bulan Agustus sampai September 2016.

Beberapa mahasiswa FPsi Universitas Negeri Makassar (UNM) juga turut mendaftar untuk mengikuti lomba tersebut. Setelah mendaftar dan mengirim esai beberapa mahasiswa diundang untuk mengikuti lomba ke tahap selanjutnya di UNPAD, Bandung. Akan tetapi, mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat memastikan keikutsertaan dan keberangkatannya untuk mengikuti lomba yang diadakan setiap tahunnya oleh BEM FPsi UNPAD ini dikarenakan terbentur oleh pembiayaan keberangkatan ke Bandung yang tidak ada dari pihak Universitas dan Fakultas.

Setelah menerima undangan untuk mengikuti ke tahap selanjutnya, mahasiswa yang bersangkutan mengajukan proposal pembiayaan keberangkatan keikutsertaan dalam lomba ini. Sebelum mengajukan proposal pembiayaan ke Fakultas mahasiswa yang bersangkutan mengajukan terlebih dahulu ke pihak Universitas akan tetapi pihak Universitas menyarankan untuk mengajukan proposal pembiayaan ke Fakultas. Pihak Fakultas tak memberikan pembiayaan berupa dana dengan alasan lomba serupa sudah pernah diikuti sebelumnya.

Pihak Fakultas dalam hal ini Muh. Ahkam selaku Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan (PD III) menuturkan bahwa mahasiswa yang bersangkutan sebelumnya telah mengikuti kegiatan di Bali dan Singapura, kegiatan tersebut dibiayai oleh pihak Fakultas. “Jadi kita ini ingin pemerataan terhadap mahasiswa karena ini kan dana kemahasiswaan,” jelasnya.


Pihak Fakultas belum memutuskan proposal pembiayaan keberangkatan mahasiswa bersangkutan ditolak atau diterima akan tetapi pihak Fakultas masih menghitung-hitung dana untuk kemahasiswaan yang lain untuk mengikuti lomba yang memiliki kontribusi untuk Fakultas seperti sertifikat. (ARM)