Suasana Penyambutan Mahasiswa Pertukaran UNM-UNNES di UNNES
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) kembali membuka Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) tahun 2016. Program PERMATA dimulai sejak tahun 2014 dengan kuota mahasiswa yang terus ditingkatkan setiap tahunnya.Program ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas perguruan tinggi dan lintas budaya. Berkaitan dengan program tersebut, Universitas Negeri Makassar (UNM) menyediakan kuota sebanyak 20 mahasiswa untuk seluruh Fakultas agar mengikuti pendaftaran, termasuk Fakultas Psikologi (F.Psi).

Dari kuota tersebut, hanya delapan mahasiswa yang dinyatakan lulus yaitu dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (F.Mipa) dan Bahasa Inggris. "Kuotanya itu ada 20, kemudian dibagi-bagi ada ke Mipa, Bahasa Inggris, ada ke Psikologi, hanya saja yang diterima hanya delapan, empat untuk Mipa, empat untuk Bahasa Inggris, sehingga psikologi untuk tahun ini belum dapat," ungkap Muh. Ahkam selaku Pembantu Dekan III (PD III) F.Psi UNM.

Selain itu, beliau menambahkan bahwa  PERMATA memberi ketentuan peserta yang mengikuti program ini minimal semester 5. "Di PERMATA itu mensyaratkan harus semester 5, sementara yang kita utus ini semester tiga sesuai dengan kurikulum yang ada di UNNES (baca: Universitas Negeri Semarang) dan di UNM," ungkapnya

Lebih lanjut dosen yang sering disapa Ahkam ini menjelaskan bahwa tidak semua program pertukaran mahasiswa di perguruan tinggi dapat melalui PERMATA termasuk program pertukaran F.Psi UNM dengan Prodi Psikologi UNNES. "Kalau PERMATA Kemenristekdikti itu memang dibiayai semua, malah ada uang saku, tapi tidak semua perguruan tinggi, sekarang itu format hanya ada UNM-UNIMED, UNM-UPI, jadi UNM-UNNES belum, kita harap tahun depan sudah bisa dilakukan," jelasnya.

Dengan demikian, program pertukaran mahasiswa UNM-UNNES 2016 diselenggarakan dengan mengalokasikan dana kemahasiswaan F.Psi UNM. Sementara itu, berdasarkan seleksi yang telah dilakukan lima mahasiswa F.Psi UNM akan menjalani program pertukaran mahasiswa UNM-UNNES selama satu semester dan telah menghadiri agenda serah terima pertukaran Mahasiswa UNM-UNNES oleh Ketua Jurusan Psikologi FIP UNNES di Ruang Rapat II Dekanat FIP UNNES pada Senin (29/08). (ALF)