Kegiatan pemberian stimulasi dalam bentuk nyanyian oleh mahasiswa pada Expo Bermain Anak Usia Dini, Sabtu (14/01) di Pelataran Phinisi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Sabtu (14/01) - Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk pertama kalinya menggelar Expo Bermain Anak Usia Dini dengan mengangkat tema “Play and Learn Together”. Expo yang dilaksanakan pada Sabtu, (14/01) di Pelataran Phinisi Gunung Sari UNM ini dilakukan sebagai bentuk pengaplikasian mata kuliah Psikologi Bermain dan Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta sebagai tugas akhir semester bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah tersebut.

Ditemui disela-sela istirahat breafing, Bonita Mahmud sebagai dosen pengampu mata kuliah PAUD mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mengetahui cara membuat program stimulasi untuk anak usia dini yang sesuai dengan perkembangan usia anak. "Agar mahasiswa tahu bagaimana cara untuk menstimulasi anak sesuai dengan usianya,” ungkapnya. 

Kegiatan Expo ini menargetkan anak-anak usia dini dengan rentang usia 2-7 tahun sebagai peserta. Selain anak-anak, orang tua dan guru PAUD juga dilibatkan sebagai peserta dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait program stimulasi anak melalui permainan. 

Dalam kegiatan ini, terdapat berbagai jenis permainan yang dihadirkan. Emillia Mustary sebagai dosen pengampu mata kuliah Psikologi Bermain menuturkan bahwa terdapat sebanyak 22 jenis permainan yang merupakan program stimulasi buatan mahasiswa FPsi UNM. “Mahasiswa yang ambil mata kuliah Psikologi Bermain membuat 22 jenis permainan,” ungkap wanita yang kerap disapa Emil ini.

Dari data yang didapatkan, sebanyak 60 anak terdaftar sebagai peserta kegiatan, 40 orangtua yang hadir, dan perwakilan guru PAUD dari tiga sekolah di wilayah Antang kota Makassar. Tak hanya permainan, Expo ini juga berisi agenda mendongeng, bernyanyi, dan mini seminar parenting untuk orangtua agar mengetahui pentingnya stimulasi untuk perkembangan anak. (arm)

Posting Komentar