Materi "Konsep Diri dan Tugas-tugas Remaja" oleh Eva Meizara Puspita Dewi, S.Psi., M.Si., Psikolog dalam agenda Seminar Psikoedukasi pada kegiatan PIA 2017 Goes to Bantaeng di Tribun Pantai Seruni, Bantaeng, Minggu (29/01)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (29/01) - Seminar Psikoedukasi sebagai salah satu rangkaian kegiatan Psychology In Action (PIA) 2017 Goes to Bantaeng telah sukses terlaksana pada Minggu (29/01) di Tribun Pantai Seruni, Bantaeng. Hal ini dibuktikan dengan tingginya antusiasme peserta bahkan sebelum kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah untuk sharing permasalahan-permasalahan remaja di kota Bantaeng dan memberikan pemahaman kepada peserta yang memang merupakan siswa-siswa remaja untuk mengetahui konsep diri dan tugas-tugas dalam perkembangan usianya dari sudut pandang psikologi. Selain itu, melalui psikoedukasi ini peserta dapat menyadari dan menumbuhkan emosi positif dalam dirinya.

Fatrawansyah selaku Kordinator Acara PIA 2017 mengakui bahwa dalam pelaksanaannya beberapa kendala yang terjadi menyebabkan item acara tidak terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan, seperti pembawaan materi oleh Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah yang kemudian digantikan oleh A. Asri Sahrun, selaku SC Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan tidak terlaksananya item acara Angngarru dikarenakan tidak ada back up ketika pengisi acara terlambat hadir. "Itu ji beberapa item yang mungkin kurang terlaksana karena beberapa hal," jelas pria yang kerap disapa Fatra ini.

Mahasiswa angkatan 2013 ini menuturkan bahwa meski dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan justru tidak menyurutkan semangat peserta, hal ini ditandai dengan banyaknya peserta yang hadir bahkan sebelum registrasi dimulai dan aktifnya peserta dalam memberikan feedback saat sesi tanya jawab berlangsung. "Ternyata remaja-remaja yang ada di Bantaeng itu antusias ki terhadap kegiatan-kegiatan sosial yang dibuat oleh panitia PIA," ucap Fatra.

Seolah membenarkan pernyataan Fatra terkait antusiasme peserta, Fajriani Asyifa sebagai salah satu peserta PIA 2017 menuturkan bahwa banyak hal yang diperoleh melalui seminar ini seperti pemahaman terkait perkembangan remaja saat ini dan tugas-tugas perkembangan remaja serta mengetahui lebih banyak bidang ilmu Psikologi. "Menurut saya sangat bagus dan keren, karena kita remaja Bantaeng yang sebenarnya belum tau apa itu psikologi, dengan adanya psikoedukasi ini kita jadi tau," jelas siswa asal SMA 1 Tompobulu ini.

Seminar Psikoedukasi ini diisi dengan materi terkait konsep diri dan tugas-tugas remaja yang dibawakan oleh Eva Meizara Puspita Dewi sebagai psikolog sekaligus salah satu dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM). Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 198 peserta dari 24 Sekolah Menengah Keatas (SMA) dan sederajatnya di Kabupaten Bantaeng. (RH)

Posting Komentar