Mudabbir yang akrab disapa Dabbir atau Abi ini adalah salah satu mantan fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) yaitu sebagai Presiden Mahasiswa BEM Kema FPsi UNM periode 2015-2016.
Jabatan sebagai Presiden Mahasiswa tentu saja tidak dapat diperoleh dengan mudah tanpa adanya pengalaman yang mendukung. Dabbir sendiri sudah mulai aktif berorganisasi sejak usia 18 tahun. Kala itu, ia masih sebagai staf pada salah satu bidang dalam sebuah lembaga. Pengalaman dari menjadi staf-lah yang kemudian membawa Dabbir menjadi seorang Presiden Mahasiswa.
Berjalan dari posisi sebagai staf, Mudabbir sudah beberapa kali menduduki jabatan sebagai ketua dalam sebuah organisasi kampus maupun masyarakat. Berorganisasi sendiri dianggapnya sebagai wadah untuk bekerjasama dan menghasilkan sebuah pekerjaan yang baik bagi masyarakat. “Sederhana saja, organisasi itu banyak orang, ramai, dan ramainya itu melahirkan kerjasama dan berujung pada sebuah hasil yang baik,” tuturnya.


Keaktifannya dalam berorganisasi sendiri dianggap tidak mengganggu aktivitas akademiknya, melainkan menjadi penunjang dalam peningkatan akademiknya. Meskipun bukan sebagai penopang nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), berorganisasi sendiri dapat menopang dalam hal-hal yang bersifat softskill seperti kemampuan bersosialisasi, diplomasi, kerjasama, analitis, ketahanan kerja, pengalaman kerja, dan banyak hal lainnya. “Tanpa semua itu (baca: softskill), akademik lumpuh,” ujar pria asal Wajo ini.
Sebagai mantan Presiden Mahasiswa, Mudabbir sendiri berharap bahwa ke depannya semakin banyak penerus pada kelembagaan fakultas. Mudabbir berharap setiap orang (baca: mahasiswa) dapat menyadari predikatnya sebagai mahasiswa yaitu untuk memberi efek terhadap bangsa yang lebih baik. Dengan mottonya “Menembus batas, berikhtiar, dan bersyukur”, ia berharap sebagai mahasiswa, kiranya dapat bergerak maju dalam akademik dan senantiasa ikhlas mendedikasikan diri untuk gerakan sosial, menjadi akademisi yang organisatoris. (IG)

Pengalaman Organisasi            :
1.      IKAMA (Ikatan Abituren Madrasah As’adiyah); staf bidang kaderisasi periode 2011-2013
2.      IKMB (Ikatan Kerukunan Masyarakat Belawa); Ketua Garda Muda IKMB Periode 2010-2011
3.      Anggota DPAK HIPERMAWA (Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo) Komisariat Belawa periode 2015-2016
4.      Anggota HmI Komisariat FE UNM
5.      Presiden Mahasiswa BEM KEMA Fakultas Psikologi periode 2015-2016
Prestasi            :
1.      Peserta terbaik LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Angkatan XXXI IKAMA (Ikatan Abituren Madrasah As’adiyah) tahun 2009
2.      Penerima Dana Hibah tahun 2014 PKM Bidang Pengabdian Masyarakat Program “Perahu Baca”.
3.      Peserta Advance Training Nasional BEM UNM tahun 2015
4.      Delegasi UNM KKN Kebangsaan 2016 di Kepulauan Riau

Motto                                       : Menembus batas, berikhtiar dan bersyukur.

Posting Komentar