Suasana Ujian Komprehensif Sesi II di Laboratorium Komputer BB 206 Lantai 3 FPsi UNM, Rabu (14/11).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (14/11)-Ujian Komprehensif di Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kini mulai berbasis CAT (Computerized Asisstent Test). Ujian Komprehensif dengan sistem baru tersebut, telah dimulai sejak Rabu (14/11) dan berlangsung di Laboratorium Komputer BB 206 Lantai 3 FPsi UNM.

Ahmad Ridfah selaku Sekretaris Program Studi (Prodi) FPsi UNM mengemukakan bahwa perbedaan antara ujian komprehensif menggunakan kertas dan ujian komprehensif berbasis CAT, yaitu semua mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif pada satu waktu akan mendapatkan 120 soal yang berbeda. Hal ini lantaran, soal ujian komprehensif yang disediakan sebanyak 400 nomor soal, sehingga 400 nomor tersebut akan diacak dan seluruh mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif pada sesi yang sama tidak akan mendapatkan soal yang serupa. “Kalau ujian kompre yang kemarin itu di atur, misalnya perkembangan 20, pendidikan 20. Kalau ini (baca: ujian komprehensif sistem CAT), dia ter-random sempurna, jadi mungkin saja ada orang yang banyak dapat perkembangan, dan ada orang yang dapat banyak PIO,” ungkapnya. 

Dosen mata kuliah Pengantar Psikometri ini menjelaskan bahwa sistem CAT mulai digunakan untuk mengurangi penggunaan kertas. Selain itu, penggunaan sistem CAT juga lebih mudah untuk diperiksa dan lebih transparan. “Jadi mereka juga langsung tahu berapa nilai yang didapatkannya, dan dia lulus atau tidak,” tambahnya.

Nurinas Dzakiyah Firman selaku salah satu peserta ujian komprehensif mengaku nyaman selama mengikuti ujian komprehensif, karena jumlah peserta yang sedikit, yaitu 28 orang satu sesi. "Kita juga lebih fokus ke soal masing-masing, karena setiap orang dapat soal berbeda dan waktu pengerjaan itu sesuai waktu mulainya masing-masing," imbuhnya. 

Adapun persyaratan untuk mengikuti ujian komprehensif yaitu memprogram Ujian Komprehensif Semester Ganjil 2018/2019, mendaftar ujian komprehensif sebelum sesi dimulai, dan membawa kartu identitas beserta foto. Sementara itu, ujian komprehensif diselenggarakan di Laboratorium Komputer BB 206 Lantai 3 FPsi UNM pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat. (HLT)

Posting Komentar