Daftar nama delegasi KKN Tematik ENJ UNM 2019
Sumber: Dok Tim Seleksi KKN Tematik ENJ UNM 2019

Psikogenesis, Rabu (20/02)-Empat mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), lolos dalam seleksi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2019 yang merupakan program Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Empat mahasiswa tersebut antara lain, Muh. Ikhsan S., dan Andi Muhammad Fikran yang merupakan mahasiswa FPsi UNM angkatan 2015 serta A. Mursyidah Yusuf dan Nurlianti Safira yang merupakan mahasiswa FPsi UNM angkatan 2016.

Muh. Wija Hadi Perdana selaku Koordinator Seleksi KKN Tematik ENJ 2019 mengungkapkan bahwa pada awalnya KKN Tematik ENJ merupakan program dari Kemenko Kemaritiman yang bernama Ekspedisi Nusantara Jaya. Namun, setelah melihat perkembangan yang pesat dan ketertarikan di kalangan mahasiswa untuk bergabung, maka Kemenko Maritim mengundang beberapa universitas untuk bekerja sama. "Dimana universitas tersebut menjadikan ENJ sebagai salah satu program yang dapat dijadikan Program KKN," ungkapnya.

Selanjutnya, mahasiswa yang akrab disapa Wija ini menjelaskan bahwa tim seleksi masih merekomendasikan lokasi KKN, yaitu di kabupaten kepulauan Selayar. Namun, lokasi tersebut belum dapat dipastikan karena pemilihan lokasi pasti dari pulau akan diserahkan ke delegasi yang terpilih. "Jadi nantinya kami akan bertemu dengan delegasi untuk mulai menjelaskan ranah kerja dan kegiatannya," jelasnya.

Muh. Ikhsan S. selaku salah satu mahasiswa FPsi UNM yang lolos dalam seleksi, mengaku senang dapat lolos mewakili FPsi UNM bersama keempat rekannya. Ia juga menambahkan bahwa sejak tahun lalu, ia sudah ingin mendaftarkan diri di KKN Tematik ENJ. Akan tetapi, ia masih merasa belum waktunya untuk mendaftarkan diri dan terkendala di SKS (Satuan Kredit Semester). "Termasuk juga SKS iya, belum cukup," tambahnya.

Lebih jauh, mahasiswa angkatan 2015 ini menuturkan bahwa target KKN Tematik ENJ dalam mengabdi di daerah pulau dan cerita pengalaman oleh mahasiswa FPsi lainnya yang telah mengambil KKN ini sebelumnya, membuat mahasiswa yang kerap disapa Abo ini tertarik untuk mendaftarkan diri. "Kupikir tidak terlalu berat juga toh, saya rasa, tidak seperti KKN yang lain. Karena memang sengaja ka kemarin juga nda sempat ambil KKN PPM (baca: Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) karena memang ini yang kutunggu, ENJ," tandas Abo. (SI)

Posting Komentar