Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar kegiatan Bakti Pendidikan dan Sosial Matematika (Binom) 2017 dengan tema "Wujudkan Budaya Berilmu Pengetahuan dengan Gerakan Literasi". Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pangalloang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba tepatnya di SMAN 10 Bulukumba dan Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Bulukumba tersebut berlangsung pada Selasa (19/09) hingga Sabtu (23/09) lalu.

Binom 2017 merupakan kegiatan amal yang bertujuan untuk mensosialisasikan jurusan matematika dan Himatika FMIPA UNM kepada masyarakat luas, menumbuhkan rasa sosial mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNM serta untuk menjalin silahturahmi antar pengurus, warga, dosen, alumni jurusan matematika dengan masyarakat luas. 

Setelah pembukaan dan pelepasan Binom 2017 yang berlangsung di Laboratorium Micro Teaching, Gedung Science Square lt. 3, pada hari Selasa (19/09) kegiatan berlanjut dengan ditandai sambutan dari Kepala Kecamatan Rilau Ale yang berlangsung di depan Kantor Desa Pangalloang. 

Adapun agenda kegiatan Binom 2017 yang berlangsung pada Rabu (20/09) hingga Sabtu (23/09) yakni Alquran Everyday, Program Mengajar, Bimbingan Belajar Binom, Musabaqah Tilawatil Quran, Rangking Satu, Seminar Literasi Matematika, Workshop Matrix Laboratory, Program Tanaman Sehat Pangalloang, Revitalisasi Perpustakaan Desa, dan Pameran Media Pembelajaran Virtual.

Pada Kamis (21/09), diadakan kegiatan Literary Talkshow dalam rangka revitalisasi perpustakaan desa yang mengundang tiga pemateri yaitu Dewi Wahyuni selaku penulis novel, Andhika Mappasomba selaku penulis dan keluarga literasi Indonesia, dan Ramli Palammai selaku penulis novel. Selain itu, kegiatan ini juga mengundang tiga komunitas baca yaitu Kucang Pustaka, Rumah baca Phinisi dan Sekolah Sastra Bulukumba. 

Pada hari yang sama, diadakan Seminar Literasi Matematika oleh Nasrullah selaku Kepala Workshop jurusan Matematika FMIPA UNM dan pelatihan Matlab oleh Sulaiman selaku Dosen jurusan Matematika FMIPA UNM yang dilaksanakan di Ruang Pola kantor Bupati Kab. Bulukumba.

Erwin selaku Ketua Panitia Binom 2017 menuturkan bahwa salah satu kewajiban dari mahasiswa ialah mengabdi kepada masyarakat. Dengan adanya Binom, diharapkan mampu mewadahi seluruh mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNM untuk lebih bermasyarakat dan lebih peduli dengan sekitarnya. Selain itu, Erwin berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat membuat mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNM lebih dikenal sebagai mahasiswa yang peduli diseluruh Indonesia.

Ketua Umum Himatika FMIPA UNM yakni Jusriadi mengungkapkan harapannya terkait pelaksanaan Binom 2017 yang konsepnya berbeda dari tahun sebelumnnya. Jusriadi berharap kegiatan Binom kali ini dapat memberikan manfaat bagi sesama. "Karena kita sadar yang peduli terhadap sesama bukan saya, dia ataupun mereka yang ada hanyalah kita," pungkasnya.

*Citizen Journalism

Posting Komentar