Suasana kegiatan Inaugurasi 2017 angkatan 2016 FPsi UNM yang dilaksanakan di Gedung Balai Diklat Kota Makassar, Jumat (24/02)
Sumber: Akun Instagram Psystem_

Psikogenesis, Jumat (08/09)- Inaugurasi yang sebelumnya merupakan Program Kerja (Proker) dari Kementerian Pengembangan Potensi (Kemenpensi) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dihapuskan dari Proker Kemenpensi BEM Kema FPsi UNM periode 2017-2018.

Saat dimintai keterangan, Alifia Ainun Rizky selaku Sekretaris Kemenpensi BEM Kema FPsi UNM menanggapi bahwa ada beberapa pertimbangan yang menjadi alasan dihapuskannya Inaugurasi Mahasiswa Baru (Maba) 2017. "Kita berkaca pada hasil Mubes (baca: Musyawarah Besar) kemarin," ungkapnya. 

Inaugurasi sendiri merupakan proses pengukuhan Maba, sehingga hal tersebut dianggap tidak tepat lagi jika dibebankan kepada Kemenpensi BEM Kema FPsi UNM, tetapi seharusnya menjadi tugas Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) BEM Kema FPsi UNM. Selain itu, Kemenpensi BEM Kema FPsi UNM juga menilai bahwa sudah ada Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) dan komunitas yang dapat mewadahi pengembangan potensi Maba.

Pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya adalah pertimbangan keuangan. Inaugurasi dianggap hanya akan menghamburkan uang dalam semalam. Malam Inaugurasi sebagai ajang silaturahim juga akan tumpang tindih dengan rencana kegiatan Ramah Tamah FPsi UNM. 

Senada dengan hal tersebut, Muh. Wija Hadi Perdana selaku Presiden BEM Kema FPsi UNM mengungkapkan bahwa Inaugurasi dihapuskan karena tidak efektif. "Banyak sekali celah-celahnya, penghabisan uang lah, tidak efektif, dan lain-lain," ungkap mahasiswa yang akrab disapa Wija tersebut.

Dengan dihapuskannya Inaugurasi dari proker Kemenpensi periode 2017-2018, kementerian ini menyisakan dua proker, yakni Pekan Orientasi Kreasi Mahasiswa (Katarsis) dan Apresiasi Seni Psikologi. (ASM)

Posting Komentar