Foto Bersama Mahasiswa Angkatan 2023 FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (09/09)- Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan melaksanakan Psychology Leadership Training (PLT) pada bulan Oktober hingga November mendatang. 

Hayatul Mutmainnah Ardin selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) menjelaskan bahwa PLT 2023 akan dilaksanakan mulai dari pada (01/10) sebagai pra PLT dan puncaknya dilaksanakan pada (3-5/11). 

"PLT dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober sebagai pra PLT. Kemudian rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga tanggal tiga sampai lima November, nantinya jadi hari puncaknya di tanggal tiga sampai lima November," jelasnya.

Lebih lanjut, Mendiklat yang kerap disapa Inna menjelaskan bahwa seluruh mahasiswa perlu untuk mengikuti kegiatan PLT ini, karena muatan yang ada didalamnya yaitu undang-undang pendidikan yang perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa. PLT juga dilakukan untuk merubah status mahasiswa dari Anggota muda menjadi anggota biasa. 

"Kegiatan PLT bukan hanya untuk merubah statusnya dari anggota muda sebagai anggota biasa," jelasnya. 

Inna juga menjelaskan bahwa PLT yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan rangkaian dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) atau Psychocamp dengan PLT atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PLT tahun ini juga direncanakan bersifat di luar ruangan, sehingga menjadikan PLT tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.  

"Untuk PLT tahun ini kalau di kegiatan-kegiatan tahun sebelumnyakan selalu dibagi LDKM atau Psychocamp atau PLT dengan PKKMB. Nah untuk PLT tahun ini namanya rangkaian saja, jadi semua. Kita rencanakan untuk PLT di puncaknya nanti itu sifatnya untuk outdoor," jelasnya. 

Terakhir, Inna menyampaikan harapannya mengenai mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan PLT nantinya agar dapat berpartisipasi aktif dalam lingkup lembaga kemahasiswaan, juga mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai dan keluaran dari kegiatan PLT yang telah diikuti. 

"Setelah mengikuti kegiatan ini, tentu yang pertama mereka bisa berpartisipasi aktif dalam lingkup Lembaga Kemahasiswaan. Kedua, harapannya mereka bisa mengamalkan dan mengimplementasi nilai nilai ataupun output yang mereka dapatkan selama kegiatan PLT kemarin," tutupnya. (KEY)

Posting Komentar