Pra-Kegiatan Training Center XIV pada Sabtu (16/09).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (19/09) - Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Psysport Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menyelenggarakan Pra-kegiatan Training Center (TC) XIV pada Sabtu (16/09). 

Andika Alif Pratama selaku Ketua Bidang II Kaderisasi dan Pemberdayaan Lembaga mengatakan pra-kegiatan TC ini merupakan serangkaian agenda yang merupakan inovasi baru periode ini menuju puncak kegiatan pada Jumat sampai Minggu (21-24/09) nanti. Dalam agenda ini terdapat pembagian kelompok, pendamping, dan tema untuk pembuatan infografis. 

"Ini pra TC, inovasi baru dari periode ini. Pra TC ini berisi pembagian kelompok, tema infografik, dan pembagian kakak damping yang bertugas menilai keaktifan peserta," katanya. 

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab dipanggil Andika menegaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengefektifkan waktu penerimaan materi nanti agar diskusi lebih mantap berjalan. 

"Materi yang dibagikan sebagai infografik adalah materi dari psikologi olahraga dengan tujuan agar pelaksanaan pemaparan materi nanti lebih efektif. Seperti baca buku sebelum masuk kelas, jadi nanti sisa diskusi," tegasnya.

Ketua Bidang II BKM Psysport ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan informal karena dilakukan sebelum adanya pembukaan.

"Ini jatuhnya kegiatan informal karena dilakukan sebelum adanya pembukaan kegiatan," ucapnya.

Dalam pelaksanaan agenda ini sudah dengan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Pelatihan serta Kementerian Personalia. Bagi peserta TC yang mengikuti Psychology in Action (PIA) bisa mengikuti PIA dan bagi peserta TC dari angkatan 2023 diizinkan untuk ikut dengan mencatat nama kemudian mengikuti sosialisasi Psychology Leadership Training (PLT) setelahnya. 

"Kami sudah koordinasi dengan Menteri Personalia, karena bertabrakan dengan PIA maka kami persilahkan bagi teman-teman yang ikut PIA untuk ikut agendanya, kami juga sudah koordinasi dengan Menteri pendidikan dan Pelatihan terkait peserta dari angkatan 2023 karena masih ada tanggung jawab diklat di sana apakah diizinkan atau tidak sudah disepakati mendiklat. Angkatan 2023 yang didata namanya diizinkan ikut pra TC dan kemudian bergabung ke sosialisasi PLT di jam 3," tuturnya.

Sebagai penutup, Andika berharap semoga calon kader ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari pra kegiatan TC ini. 

"Semoga apa yang didapatkan bagi calon kader bermanfaat ilmunya dan mungkin jika dibawa ke penelitian nanti lebih bagus lagi dan lebih bermanfaat lagi," tutupnya. (FR)

Posting Komentar