Pamflet Open Recruitment Diklat Jurnalistik XVI.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Selasa (19/09) - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis akan menghelat Diklat Jurnalistik (DJ) XVI dengan tema "Imbalance Between Right and Obligation" yang akan dilaksanakan pada Kamis-Minggu (05-08/10) bulan Oktober mendatang. 

Diklat Jurnalistik (DJ) merupakan salah satu program kerja (proker) dari LPM Psikogenesis yang bertujuan sebagai gerbang perekrutan pertama dan sebagai kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan dunia jurnalistik. 

Akhdan Asirih Afif Siddiq Sahnur selaku Pemimpin Departemen Penelitian dan Pengembangan mengungkapkan latar belakang diangkatnya tema "Imbalance Between Right and Obligation" yaitu dikarenakan keresahan dari mahasiswa terkait ketimpangan antara hak dan kewajiban yang disebabkan oleh berlebihnya jumlah mahasiswa dibanding saran dan prasaran serta pihak dosen yang menanggung beban kerja yang besar akibat jumlah mahasiswa yang berlebihan.  

"Tema ini dilatarbelakangi oleh keresahan dari sekian banyak Mahasiswa perihal ketimpangan antara hak dan kewajiban, kami juga melihat dari perspektif Dosen yang mengalami ketimpangan tersebut," ungkap mahasiswa yang kerap disapa Akhdan.

Akhdan menyampaikan bahwa DJ XVI direncanakan akan dilaksanakan pada (05-08/10) di Gedung Diklat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar.

"Bila sesuai dengan rencana, kami Departemen Penelitian dan Pengembangan yang dibersamai oleh Panitia DJ XVI akan melaksanakan DJ pada tanggal 6 sampai 8 Oktober 2023 di Gedung Diklat STIE AMKOP," ucapnya.

Ia menguraikan beberapa benefit yang didapatkan oleh peserta yang mengikuti DJ XVI.

"Untuk benefitnya, teman-teman peserta akan mendapatkan sertifikat mengikuti DJ tentunya, kemudian selain itu peserta dapat merasakan kerja-kerja di dunia jurnalistik, menguatkan skill observasi dan wawancara, serta tentunya mengenal lebih dekat LPM Psikogenesis," urainya.

Akhdan juga menambahkan bahwa yang dapat ikut menjadi peserta pada DJ XVI adalah Mahasiswa aktif FPsi UNM.

"Target Peserta Diklat Jurnalistik XVI sendiri yaitu Mahasiswa Aktif FPsi UNM. Jadi, silahkan mendaftar untuk menambah wawasan perihal isu penting yang perlu dikawal oleh Jurnalis," jelasnya.

Akhdan lalu menyampaikan harapannya agar calon peserta DJ XVI tidak hanya memperoleh ilmu, tetapi juga mampu mengubah pola pikir, problem solving, dan perspektif baru mengenai pengalaman menjadi seorang Pers Mahasiswa.

"Harapannya, teman-teman calon peserta Diklat Jurnalistik XVI nantinya tidak hanya memperoleh ilmu, tetapi diharapkan kegiatan DJ nanti mampu mengubah pola pikir, alur problem solving, dan memberikan perspektif baru perihal pengalaman menjadi seorang Pers Mahasiswa," ujar Akhdan.

Sebagai penutup, Akhdan menambahkan harapannya agar calon peserta DJ XVI nantinya akan melanjutkan proses perekrutan melalui Psikogenesis Internship Program untuk menambah pengalaman kerja di lingkup pers.

"Selain itu, diharapkan juga teman-teman calon peserta DJ XVI nantinya mampu melanjutkan langkahnya di program kerja Psikogenesis Internship Program untuk menambah pengalaman kerja di lingkup pers secara general," tutupnya. (ARB)

Posting Komentar