Pengukuhan Anggota Baru LPM Psikogenesis di Pantai Tanjung Bayang, Minggu (28/04).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis 

Psikogenesis, Senin (29/04)-Sebanyak 16 orang anggota baru dari angkatan XI Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis telah resmi dikukuhkan di Pantai Tanjung Bayang, Minggu (28/04) kemarin. 

Setelah melalui gerbang awal perekrutan, yaitu mengikuti Diklat Jurnalistik (DJ) XI pada Jumat-Minggu (15-17/02) di Gedung Aptisi, Jl. Perintis Kemerdekaan 1 KM 8, 32 orang dari peserta DJ XI pun mengikuti serangkaian proses magang, seperti membuat berita, fotografi, broadcasting, membuat riset, menciptakan produk dan pembuatan tabloid edisi magang, yang telah berlangsung dari bulan Februari hingga April. Namun, hanya 16 orang dari 32 orang tersebut yang bertahan hingga hari mengikrarkan sumpah pengukuhan.

Muhammad Idris Taqi, salah seorang anggota baru angkatan XI LPM Psikogenesis yang telah dikukuhkan mengungkapkan perasaan senangnya setelah resmi menjadi bagian dalam keluarga Psikogenesis. "Bukan hanya itu, kegiatan pengukuhan juga menjadi ajang bagi saya untuk mengenal psikogenesis lebih dalam kak," ungkapnya.

Siti Nur Fauziyah Hukdar juga turut merasa bahagia setelah mengikuti proses mulai dari DJ, magang, hingga dikikuhkan. "Akhirnya terbayarkan semua jerih payahku dan kakak-kakak yang selama ini dampingika kak," jelasnya.

Beda halnya dengan Astuti Rana yang mengaku tidak menyangka akan sampai pada tahap pengukuhan. Proses magang yang sempat menimbulkan keinginan untuk berhenti karena merasa kurang baik dalam memanajemen waktu antara tugas kuliah dan tugas magang menjadi alasannya. "Namun, karena adanya support dari kakak damping dan teman-teman seperjuangan membuat saya mengurungkan niat itu dan alhamdulillah saya sangat bangga karena saya sudah bagian dari anggota Psikogenesis," akunya.

Amatul Firdausya selaku Pemimpin Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menerangkan bahwa tidak mudah menyeleksi orang-orang tersebut, yang memiliki kemampuan dan loyalitas dengan Psikogenesis. Ia juga menambahkan tugas-tugas selama magang pun dilakukan secara total, seperti tabloid. "Mereka (baca: peserta magang) tidak hilang-hilang, mereka merasa punya tanggungjawab menyelesaikan tugas ini (baca: tabloid)," terangnya.

Mahasiswi angkatan 2016 ini juga berharap anggota baru yang telah dikukuhkan tetap bisa loyal di Psikogenesis, walaupun nantinya tidak memilih menjadi pengurus. "Kayak mau hadir di acara-acaranya Psikogenesis, apapun itu, tetap merasa jadi bagian Psikogenesis," harapnya.

Anggota baru angkatan XI LPM Psikogenesis terdiri dari 2 orang mahasiswa angkatan 2017 FPsi UNM 14 orang mahasiswa angkatan 2018. (SI)

Posting Komentar