Pembukaan Islamic Studies Training (IST) Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM dengan tema "Fisabilillah: Perjuangan Belum Usai" yang berlangsung di Gedung BM 102 FPsi UNM, Kamis (18/04)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (19/04)-Agenda pembukaan Islamic Studies Training (IST) yang diselenggarakan oleh Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan tema “Fisabilillah: Perjuangan Belum Usai” telah dibuka secara resmi oleh Ahmad Razak, Wakil Dekan III (WD III) FPsi UNM, di ruangan BM 102 FPsi UNM, Kamis (18/04).

Ahmad, dalam sambutannya menjelaskan bahwa IST adalah kegiatan yang penting karena merupakan wadah untuk membangun dinamika spiritual seseorang. 

“Spiritual itu adalah kebutuhan dan itu ada di IST,” ujarnya.

Ahmad juga menjelaskan bahwa materi yang cocok untuk dimasukkan dalam kegiatan IST adalah materi agama dan kebangsaan. Menurutnya, materi tersebut penting agar orang Islam tidak lagi memberontak juga agar generasi milenial memiliki kesadaran bahwa agama dan bangsa adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. 

“Jangan diarahkan kepada hal-hal yang radikal tetapi arahkan lah bagaimana caranya sehingga konsep dan basic keislamannya Ini bisa tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan ini berharap agar kegiatan IST dapat memantapkan dasar-dasar akidah keislaman serta sebagai wadah untuk memacu prestasi. 

“Gerakan dakwah itu ketika Anda memperlihatkan prestasi,” tambahnya.

Selain itu Hernawati selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM berharap agar setelah mengikuti kegiatan IST, para peserta dapat menanamkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. 

“Mengajak teman-teman diluar yang tidak mengkuti IST untuk tetap menjalankan dakwah-dakwah Islam,” harapnya.

IST akan diselenggarakan pada Jumat-Minggu (19-21/04) di Sekolah Alam Insan Kamil, Kabupaten Gowa. Adapun jumlah peserta sebanyak 32 orang yang terdiri dari 1 orang mahasiswa angkatan 2015, 1 orang mahasiswa angkatan 2016, 6 orang angkatan 2017, serta 24 orang angkatan 2018. (018)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XI (DJ XI) LPM Psikogenesis

Posting Komentar